Hampir 40 Negara Catat Lonjakan Kasus Baru Corona

Agustiyanti
26 Juli 2020, 09:16
virus corona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri/aww/cf
Ilustrasi. Lonjakan kasus tak hanya terjadi di AS, Brazil, dan India yang kini mendominasi kasus virus corona, tetapi juga banyak negara lain.

Hampir 40 negara melaporkan rekor peningkatan harian kasus virus corona dalam seminggu terakhir, naik dua kali lipat dari rata-rata kasus harian pekan sebelumnya berdasarkan perhitungan Reuters.

Tingkat kasus tidak hanya meningkat di negara-negara seperti Amerika Serikat, Brasil dan India yang mendominasi kasus virus corona. Australia, Jepang, Hong Kong, Bolivia, Sudan, Ethiopia, Bulgaria, Belgia, Uzbekistan dan Israel juga mengalami peningkatan kasus.

Banyak negara, terutama yang melakukan pelonggaran lockdown atau pembatasan sosial dari sebelumnya, mengalami puncak kasus kedua lebih dari sebulan setelah mencatat yang pertama.

"Kami tidak akan kembali ke 'normal lama'. Pandemi telah mengubah cara kita menjalani hidup kita,” kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus minggu ini.

 Kini, menurut dia, semua orang harus memperlakukan keputusan ke mana mereka persgi, apa yang dilakukan, dan dengan siapa mereka bertemu sebagai keputusan hidup dan mati.

Data Reuters yang dikumpulkan dari laporan resmi, menunjukkan peningkatan yang stabil dalam jumlah negara yang melaporkan rekor harian peningkatan Covid-19 selama sebulan terakhir. Terdapat tujuh negara yang mencatatkan kenaikan tersebut pada tiga pekan lalu, kemudian menjadi 13 negara pada dua pekan lalu, dan menjadi 37 negara pada pekan lalu.

Namun, data peningkatan kasus ini terbatas pada negara-negara yang menyediakan informasi kasus harian secara reguler.

Peningkatan kasus biasanya mendahului peningkatan kematian dalam beberapa minggu. AS tetap berada di puncak daftar kasus dengan lebih dari 4 juta dan mencatat lebi dari 1.000 kematian dalam empat hari berturut-turut. Brazil dan India, yang menurut epidemiologi masih membutuhkan waktu berbulan-bulan mencapai puncak kasus, kini juga telah melampaui satu juta kasus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...