AS Makin Persulit Huawei untuk Memperoleh Teknologi Chip

Agustiyanti
18 Agustus 2020, 08:04
huawei, amerika serikat, tiongkok, hubungan as-tiongkok, perang dagang
123RF.com
Ilustrasi. AS menuduh Huawei membocorkan data para penggunanya di Amerika dan berfungsi sebagai mata-mata Tiongkok,

Pemerintah Amerika Serikat pada Senin (17/8) mengumumkan bakal memperketat pembatasan pada Huawei Technologies Co untuk mencegah raksasa teknologi ini memperoleh chip yang tersedia secara komersial

Dikutip dari Reuters, tindakan Departemen Perdagangan AS memperluas pembatasan yang diumumkan pada Mei bertujuan mencegah raksasa telekomunikasi asal Tiongkok ini memperoleh semi konduktor tanpa lisensi khusus, termasuk chip yang dibuat oleh perusahaan asing yang telah dikembangkan atau diproduksi dengan perangkat lunak atau teknologi AS.

Advertisement

Pemerintah AS juga menambahkan 38 afiliasi Huawei di 21 negara ke daftar hitam ekonomi pemerintah AS, meningkatkan total menjadi 152 afiliasi.

Menteri Perdagangan Wilbur Ross mengatakan kepada Fox Business bahwa pembatasan chip rancangan Huawei yang diberlakukan pada Mei membuat perusahaan tersebut melakukan beberapa tindakan, antara lain melalui pihak ketiga. "Aturan baru memperjelas bahwa setiap penggunaan perangkat lunak Amerika atau peralatan fabrikasi Amerika dilarang dan memerlukan lisensi," katanya.

 Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan dalam sebuah cuitan di akun Twitter mengatakan bahwa pemerintah AS memberikan pukulan langsung kepada Huawei dan Partai Komunis China yang represif dengan lebih membatasi kemampuan Huawei untuk memperoleh teknologi AS. Huawei dianggap membahayakan integritas jaringan dunia dan informasi pribadi orang Amerika. Namun, Huawei tidak berkomentar.

Dengan hubungan AS-China yang paling buruk dalam beberapa dekade, Washington mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk menekan Huawei dengan alasan perusahaan teknologi itu menyerahkan data kepada pemerintah Tiongkok untuk dimata-matai. Huawei membantahnya memata-matai negara lain.

Dalam penampilannya di Fox pada hari Senin, Presiden Donald Trump menuduh Huawei, tanpa bukti, memata-matai orang Amerika. "Kami tidak ingin peralatan mereka di Amerika Serikat karena mereka memata-matai kami," kata Trump.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement