BPS: Masyarakat Semakin Berani Keluar Rumah karena Vaksinasi

Agatha Olivia Victoria
1 April 2021, 13:18
BPS, mobilitas penduduk, vaksinasi, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Ilustrasi. BPS mengatakan mobilitas penduduk yang meningkat di luar rumah kemungkinan disebabkan oleh vaksinasi yang tengah berjalan.

Badan Pusat Statistik mencatat, mobilitas penduduk di dalam rumah semakin berkurang. Masyarakat semakin berani keluar rumah seiring vaksinasi yang sedang berjalan. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto menyebutkan bahwa mobilitas penduduk di rumah berkurang dari 7,1% pada Februari 2021 menjadi 5,7% pada Maret. "Mungkin karena semakin banyaknya masyarakat yang divaksin sehingga menyebabkan keyakinan masyarakat untuk keluar," kata Setianto dalam Konferensi Pers Perkembangan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Maret 2021, Kamis (1/4).

Advertisement

Keberanian masyarakat untuk keluar rumah juga terlihat dari kenaikan persentase mobilitas penduduk di berbagai tempat publik. Di tempat perdagangan retail dan rekreasi, mobilitas masyarakat naik dari minus 22,2% menjadi 17% pada Maret 2021.

Mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari terlihat peningkatan dari minus 5,1% menjadi tumbuh positif 1,8%. Sedangkan pergerakan masyarakat di taman membaik dari negatif 25% menjadi minus 17,5%.

Mobilitas penduduk di tempat transit juga meningkat dari kontraksi 35,9% menjadi  terkontraksi 30,8%. Bahkan, di tempat kerja pun pergerakan masyarakat mulai meningkat dari negatif 28,3% menjadi 25,6%.

Kendati begitu, Setianto mengingatkan bahwa masyarakat tetap harus berhati-hati saat bepergian keluar rumah. "Walau ada vaksin, kita tetap harus mejaga protokol kesehatan," ujar dia.

Protokol kesehatan mencakup gerakan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, masyarakat juga harus menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. 

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro pada 9-22 Maret 2021. Namun berbeda dengan pembatasan sebelumnya, saat ini fasilitas umum mulai diizinkan untuk buka dengan kapasitas maksimal 50%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement