Pengusaha Desak Pemerintah Percepat Pengadaan Vaksin Gotong Royong

Agatha Olivia Victoria
8 April 2021, 20:39
vaksin gotong royong, vaksinasi mandiri
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Ilustrasi. Bio Farma telah mengamankan 35 juta dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong.

Pengusaha meminta pemerintah untuk mempercepat kedatangan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong atau mandiri. Program vaksinasi oleh swasta ini belum terlaksana lantaran masih menunggu kedatangan vaksin. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, telah meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat kedatangan vaksin untuk vaksinasi mandiri. Jika vaksin tersebut datang terlambat, maka masyarakat dan perusahaan akan memilih untuk mengikuti program vaksinasi gratis dari pemerintah. 

Advertisement

"Ini harus dipercepat, sehingga bisa terlaksana pada kuartal kedua ini," kata Hariyadi dalam Indonesia Macroeconomic Update 2021, Kamis (8/4).

Hariyadi mengatakan, sudah banyak pegawai di perusahaannya yang mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah. Dengan demikian, menurut dia, vaksinasi mandiri tak akan efektif mengurangi beban pemerintah jika terlalu terlambat.

Kepala Ekonom BCA  David Sumual mengatakan, pihak swasta memang perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam pendistribusian vaksin. "Namun, pemerintah saat ini memiliki prioritas vaksinasi mulai dari lansia dan sektor tertentu yang penting buat ekonomi," ujar David dalam kesempatan yang sama.

Pemerintah, menurut dia, harus mampu bekerja sama dengan produsen global untuk mempercepat kedatangan vaksin. Namun, pengembangan vaksin merah putih yang saat ini berada dalam tahap pengujian penting. "Ini mengantisipasi varian baru corona yang sudah muncul di Tanah Air dan memakan korban," kata dia.

Di sisi lain, David menilai sektor swasta harus koperatif dalam pelaksanaan vaksinasi mandiri. Dengan demikian, program vaksinasi dapat berjalan sesuai dengan target pemerintah. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi mandiri hingga saat ini memang belum terlaksanaan. Penyediaan  vaksin untuk program tersebut saat ini menjadi tanggung jawab PT Bio Farma.

"Yang tahu itu Biofarma karena mereka yang mencari vaksinnya," ujar Siti kepada Katadata.co.id, Kamis (8/4).

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement