129 Penumpang Pesawat dari India Masuk RI, 12 Orang Positif Covid-19

Agatha Olivia Victoria
23 April 2021, 16:09
India, lonjakan kasus Covid-19, WNA India dilarang masuk
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ilustrasi. Sebanyak 129 penumpang dari Chennai, India masuk ke Tanah Air menggunakan pesawat Air Asia dengan Kode QZ-988.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mencatat, terdapat 129 penumpang dari Chennai, India yang masuk ke Indonesia pada Rabu (21/4). Dari jumlah tersebut, 12 orang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan, seluruhnya masuk ke Tanah Air menggunakan pesawat Air Asia dengan Kode QZ-988. Ia memerinci, 38 orang merupakan pemegang visa kunjungan warga negara India, 46 orang pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) warga negara India, dan satu orang pemegang KITAS warga negara Amerika Serikat. Selain itu, ada 32 orang pemegang visa tinggal terbatas (VITAS) warga negara India dan 12 warga negara Indonesia (WNI).

Ia juga mengatakan, ada 11 kru WNI di dalam penerbangan tersebut. "Ini adalah charter flight pertama," ujar Jhoni dalam Media Gathering Perkembangan Perekonomian Terkini dan Kebijakan PC-PEN, Jumat (23/4). 

Jhoni menjelaskan, semua penumpang memiliki dokumen perjalanan berupa visa. Dengan demikian, para penumpang diperbolehkan masuk ke Tanah Air berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020.

Meski begitu, Jhoni telah memerintahkan secara lisan agar seluruh kantor keimigrasian memberhentikan pemberian visa dari India sejak kemarin. "Namun apa ada visa lain yang sudah kami berikan dan mereka belum masuk ke Indonesia, nah ini sisanya akan kami koordinasikan dengan Kementerian Perhubungan untuk mengatur antisipasi melalui jalur penerbangan," katanya.

Di sisi lain, ia tak menampik terdapat kemungkinan ada  penumpang dari India yang sedang dalam perjalan masuk ke Indonesia. Maka dari itu, pemberlakuan protokol kesehatan kepada pendatang akan tetap dilaksanakan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa 127 WNA dari India dalam pesawat tersebut sudah dites. Hasilnya, 12 penumpang terdeteksi positif Covid-19. "Dari yang positif itu kami lakukan genome sequencing namun hasilnya belum keluar," ujar Budi dalam kesempatan yang sama.

Pemerintah memutuskan untuk memberhentikan sementara pemberian visa bagi warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau mengunjungi India dalam kurun 14 hari belakangan. Kebijakan tersebut seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Negeri Bombay ini . 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...