Mudik Dilarang, Mobilitas Masyarakat di Tempat Wisata Naik Hingga 100%

Agatha Olivia Victoria
17 Mei 2021, 15:52
lebaran, libur lebaran, mobilitas masyarakat, pergerakan masyarakat, tempat wisata
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/rwa.
Pengunjung memadati Pantai Pasir Putih di Anyer, Serang, Banten, Minggu (16/5).

Pemerintah mencatat, terdapat 143.130 orang yang melakukan mobilitas di tempat wisata selama libur Lebaran 12-15 Mei 2021, naik 38,42% dibanding pergerakan empat hari pekan sebelumnya yakni 5-8 Mei. Mobilitas masyarakat di tempat wisata khusus pada Jumat dan Sabtu 14-15 Mei bahkan melonjak hingga dua kali lipat dibandingkan hari yang sama pekan sebelumnya. 

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono menjelaskan, mobilitas masyarakat di luar rumah pada libur Lebaran, menurut dia, memang berpusat di tempat wisata. Melihat kondisi tersebut, pemerintah pusat segera mengingatkan pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi kerumunan di tempat wisata.

"Ini data satuan tugas yang menunjukkan mobilitas masyarakat saat lebaran cukup tinggi," kata Susiwijono dalam media briefing, Senin (17/5).

Susiwijono mengatakan bahwa sebenarnya pengaturan mengenai pembukaan tempat wisata sudah tertuang dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Di dalamnya, diatur bahwa wilayah yang berada di zona oranye dan merah tidak boleh membuka seluruh tempat wisata. Sementara di luar zona tersebut, tempat wisata diperbolehkan tetap buka dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Adapun PPKM Mikro yang berlaku saat ini, menurut dia, sudah yang ketujuh kalinya diterapkan pemerintah. "Besok akan resmi diperpanjang lagi menjadi yang kedelapan berlaku sampai 31 Mei 2021," ujarnya.

PPKM Mikro kedelapan masih akan diterapkan di 30 provinsi yang memiliki pertambahan kasus Covid-19 cukup mengkhawatirkan. Sementara itu, ada empat provinsi di Indonesia yang memiliki kasus harian virus corona yang sangat rendah seperti Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, dan Gorontalo.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemda memperbaiki sistem pengawasan Covid-19 di kota atau kabupaten. Hal ini sangat penting ketika mobilitas masyarakat meningkat menjelang Lebaran.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...