Libur Lebaran, Kapasitas Lokasi Wisata Jakarta Dibatasi 30%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
11 Mei 2021, 08:17
Wisatawan mengunjungi Taman Fatahillah di kompleks Kota Tua, Jakarta, Minggu (11/4/2021). Kapasitas obyek wisata di DKI Jakarta dibatasi hingga 30% selama masa libur lebaran.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Wisatawan mengunjungi Taman Fatahillah di kompleks Kota Tua, Jakarta, Minggu (11/4/2021). Kapasitas obyek wisata di DKI Jakarta dibatasi hingga 30% selama masa libur lebaran.

Pemerintah masih memungkinkan lokasi-lokasi wisata untuk tetap buka, meski mudik lebaran dilarang. Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengimbau masyarakat yang akan berwisata selama periode libur lebaran untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kementerian Pariwisata kini terus memantau kesiapan destinasi-destinasi wisata. “Seperti di DKI Jakarta, pemerintah provinsi sudah memastikan kapasitas pengunjung destinasi wisata yang buka maksimal hanya 30% dan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/5).

Advertisement

Ia menambahkan, kapasitas destinasi wisata akan berbeda di setiap wilayah, tergantung dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

Sandiaga menyatakan, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin akan mengurangi risiko munculnya klaster baru di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif yang buka selama periode larangan mudik dan libur lebaran.

“Apalagi kalau sedang foto-foto, biasanya semua lepas masker. Ini yang selalu saya ingatkan, begitu maskernya dilepas, maka proteksi utama mereka terhadap virus Covid-19 akan hilang. Saya butuh kerja sama semua pihak, terutama pengelola tempat wisata untuk mencegah hal-hal seperti ini,” tuturnya.

Berikut Databoks perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia: 

Ia mengatakan, pemerintah berupaya mencegah terjadinya lonjakan pengunjung saat libur lebaran dengan menyediakan alat penghitung atau counter. Alat ini akan digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung di suatu area, dan akan memberikan peringatan apabila jumlah pengunjung sudah melebihi kapasitas.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement