Bio Farma: Stok Vaksin Cukup Untuk Kejar 1 Juta Vaksinasi per Hari

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 1 juta dosis per hari.
Image title
24 Juni 2021, 08:24
vaksinasi, vaksin Covid-19, covid-19, vaksinasi covid-19
ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.
Ilustrasi. Pemerintah saat ini telah menerima 104 juta dosis vaksin, sebagian besar berupa bahan baku.

PT Bio Farma memastikan jumlah vaksin Covid-19 yang didatangkan pemerintah cukup untuk mengejar target vaksinasi sebanyak 1 juta dosis per hari. Pemerintah saat ini telah menerima 104 juta dosis vaksin, sebagian besar berupa bahan baku.

"Jumlah stok vaksin Covid-19 dalam negeri mampu memenuhi target tersebut," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto, dikutip dari Antara.

Bambang mengatakan pemerintah dan produsen Sinovac sudah berkomitmen untuk mendatangkan 260 juta dosis vaksin ke Indonesia. Selain itu, Indonesia juga mengamankan 11 juta dosis vaksin AstraZeneca dari jalur multilateral dengan Covax facility, 50 juta dosis vaksin AstraZeneca dari jalur bilateral, dan 50 juta dosis vaksin Novavax.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan semua pihak untuk mempercepat vaksinasi.

Advertisement

"Pelibatan swasta, BUMN, organisasi rumah sakit, profesi, TNI dan Polri, serta organisasi masyarakat untuk memperbanyak sentra atau pos vaksinasi," katanya.

Pemerintah juga menyiapkan banyak vaksinator serta petugas sosialisasi terkait pentingnya mengikuti vaksinasi COVID-19 untuk mengakhiri pandemi.

"Kami akan memobilisasi dan menambah tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi untuk memberikan penyuntikan dan melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Siti Nadia mengatakan program vaksinasi merupakan salah satu cara untuk bisa mengendalikan penularan Covid-19. Hingga saat ini, menurut dia, baru DKI Jakarta dan Bali yang realisasi vaksinasinya sudah sesuai target.

Hingga Rabu (23/6) pukul 12.00 WIB, vaksin dosis pertama telah disuntikkan kepada 24.358.856 penduduk Indonesia, sedangkan vaksin dosis kedua telah disuntikkan kepada 12.640.041 orang.

Vaksinasi tak 100% menjamin seseorang tak tertular Covid-19. Namun,  vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan jika terinfeksi. Untuk mencegah penularan Covid-19, masyarakat harus displin menerapkan protokol kesehatan sedikitnya mencakup gerakan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Pasien positif Covid-19 bertambah 15.308 orang per 23 Juni 2021. Total Kasus mencapai 2.033.421 dengan 1.817.303 pasien dinyatakan sembuh dan 55.594 orang meninggal dunia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait