Jokowi: Jangan Tolak Vaksin Covid-19, Agama Apapun Tak Ada yang Larang

Rizky Alika
23 Juni 2021, 17:14
jokowi, vaksin, covid, virus corona, 3m
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan terkait penanganan Covid-19, Rabu (23/6). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengingatkan masyarakat agar tak menolak vaksinasi Covid-19. (Foto; Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah terus mendorong vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan komunitas. Presiden Joko Widodo pun meminta masyarakat untuk tidak melewatkan kesempatan mendapatkan vaksinasi virus corona.

Jokowi menjelaskan vaksin merupakan upaya terbaik yang tersedia untuk melawan pandemi Covid-19 saat ini. Dengan vaksinasi, Indonesia bisa mencapai kekebalan komunitas.

"Jika sudah ada kesempatan dapat vaksin, segera. Jangan ada yang menolak karena agama apapun tidak ada yang melarang vaksin," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (23/6).

Namun sebelum kekebalan komunitas tercapai, masyarakat perlu disiplin dalam memakai masker. Selain itu, ia meminta masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak.

"Hanya dengan langkah bersama kita bisa hentikan wabah. Semua orang harus berperan serta, semua warga harus berkontribusi," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan satu juta vaksinasi Covid-19 per hari di Indonesia bisa tercapai pada awal Juli mendatang. Saat ini, jumlah suntikan vaksin per harinya telah mencapai 700 ribu dosis per hari.

Budi mengatakan target tersebut juga disampaikan Jokowi saat rapat terbatas penanganan Covid-19, Senin (21/6). Ia optimistis target bisa tercapai lantaran adanya kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia serta Polri.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...