Erick Thohir: 90% Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Belum Divaksinasi

Agatha Olivia Victoria
8 Juli 2021, 07:21
erick thohir, kematian akibat covid-19, pasien meninggal dunia akibat covid-19, angka kematian covid-19, kematian tinggi karena belum vaksinasi.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Menteri BUMN Erick Thohir berharap sentra-sentra vaksinasi dapat berkontribusi terhadap target vaksinasi 8,8 juta warga DKI Jakarta.

Angka kematian harian akibat Covid-19 terus melonjak dan mencapai 62.908 orang pada  Rabu (7/7) mencapai 1.040 orang. Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyebut, 90% pasien Covid-19 yang meninggal karena tidak mau atau belum divaksinasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Erick berdasarkan data Kementerian Kesehatan. Pemerintah saat ini tengah menggenjot vaksinasi untuk menahan laju kenaikan kasus dan kematian akibat Covid-19. Di sisi lain, menurut dia, masyarakat harus tetap patuh menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangah, dan menjaga jarak.

Erick menghargai usaha kolaborasi yang dilakukan swasta, masyarakat, organisasi nirlaba, dan komunitas dengan pemerintah untuk menggenjot program vaksinasi dalam memerangi pandemi Covid-19. Salah satunya adalah penyelanggaraan Sentra Vaksinasi Enesis di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur.

Ia berharap sentra-sentra vaksinasi dapat berkontribusi terhadap target vaksinasi 8,8 juta warga DKI Jakarta. Saat ini, menurut dia, 65% warga DKI Jakarta telah divaksinasi untuk mencapai herd immunity melalui vaksinasi 72% dari total populasinya.

"Kita harus kasihan dengan rumah sakit-rumah sakit yang saat ini kelebihan beban. Masyarakat juga harus membantu agar mau divaksin. Itu salah satu yang akan menyelamatkan kita semua," ujar Erick dalam siaran pers, Rabu (7/7).

Berdasarkan data Satgas Covid-19, baru terdapat 14.443.813 orang yang telah memperoleh dosis lengkap vaksin atau vaksinasi kedua hingga kemarin. Jumlah ini bertambah 175.833 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara terdapat tambahan 863.768 orang yang telah mendapat vaksinasi dosis pertama kemarin sehingga total kini mencapai 34.039.797.

Halaman:
Editor: Agustiyanti

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...