Pfizer Minta Izin Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 untuk Booster ke FDA

Agustiyanti
9 Juli 2021, 09:18
dosis ketiga vaksin, pfizer, covid-19, varian delta
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Ilustrasi. Pfizer mengharapkan vaksin Covid-19 menjadi kontributor pendapatan utama selama bertahun-tahun.

Produsen vaksin Pfizer berencana untuk meminta regulator AS mengesahkan dosis ketiga vaksin Covid-19 dalam bulan depan. Permintaan ini dibuat berdasarkan bukti  bahwa risiko infeksi ulang menjadi lebih besar setelah enam bulan inokulasi seiring penyebaran varian Delta yang sangat menular.

Chief Scientific Officer Pfizer Mikael Dolsten mengatakan, penurunan efektivitas vaksin yang baru-baru ini dilaporkan di Israel sebagian besar disebabkan oleh infeksi pada orang yang telah divaksinasi pada Januari atau Februari. Kementerian kesehatan negara itu mengatakan efektivitas vaksin dalam mencegah infeksi dan penyakit bergejala turun menjadi 64 persen Juni.

Advertisement

"Vaksin Pfizer sangat aktif melawan varian. Tetapi setelah enam bulan, kemungkinan ada risiko infeksi ulang karena antibodi, seperti yang diharapkan, berkurang," kata Dolsten, Kamis (9/7).

Pfizer tidak merilis lengkap data Israel, tetapi mengatakan akan segera mempublikasikannya. "Ini adalah kumpulan data kecil, tetapi saya pikir trennya akurat. Mengingat Delta adalah varian paling menular yang pernah kami lihat, itu dapat menyebabkan infeksi dan penyakit ringan," kata Dolsten.

Data Pfizer sendiri dari Amerika Serikat, menurut dia, menunjukkan erosi kemanjuran vaksin menjadi sekitar 80% setelah enam bulan terhadap varian yang beredar di sana pada musim semi.

Dia menekankan bahwa data dari Israel dan Inggris menunjukkan bahwa dengan tingkat antibodi yang lebih rendah, vaksin tetap sekitar 95% efektif melawan penyakit parah.

Vaksin, yang dikembangkan dengan mitra Jerman BioNTech SE, menunjukkan kemanjuran 95% dalam mencegah gejala Covid-19 dalam uji klinis yang dijalankan perusahaan tahun lalu.

Dolsten mengatakan bahwa data awal dari studi perusahaan sendiri menunjukkan bahwa dosis penguat ketiga menghasilkan tingkat antibodi lima hingga 10 kali lipat lebih tinggi daripada setelah dosis kedua. Ini menunjukkan bahwa dosis ketiga akan menawarkan perlindungan yang menjanjikan.

Dia mengatakan beberapa negara di Eropa dan di tempat lain telah mendekati Pfizer untuk membahas dosis booster. Berapa mungkin mulai memberikannya sebelum otorisasi potensial AS. Doelsenpercaya bahwa suntikan tambahan untuk penguat sangat penting pada kelompok usia yang lebih tua.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement