Varian Omicron Terus Menyebar, Australia Temukan Dua Kasus

Agustiyanti
28 November 2021, 18:06
sydney, australia, varian omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/John Mair
Ilustrasi. Penyebaran varian baru Covid-19 ini terjadi saat banyak negara mulai membatasi perjalanan untuk mencegah penyebarannya.

Varian Omicron baru terus menyebar ke seluruh dunia pada Minggu (28/11), dengan dua kasus terdeteksi di Australia. Penyebaran varian baru Covid-19 ini terjadi saat banyak negara mulai membatasi perjalanan untuk mencegah penyebarannya. 

Pejabat kesehatan di negara bagian terpadat di Australia, New South Wales mengatakan, dua penumpang yang tiba di Sydney dari Afrika selatan pada Sabtu malam telah dites positif untuk varian Omicron dari virus corona.

Advertisement

Mengutip Reuters, kedua orang itu tidak menunjukkan gejala, telah mendapatkan dosis penuh vaksin, dan kini sedang dikarantina. Sebanyak 12 penumpang lainnya dari Afrika selatan juga menjalani karantina hotel selama 14 hari, sementara sekitar 260 penumpang dan awak pesawat lainnya telah diarahkan untuk diisolasi. 

Kasus-kasus Australia adalah indikasi terbaru bahwa varian tersebut mungkin penyebaran virus terbukti sulit untuk ditahan. Varian ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan sejak itu terdeteksi di Inggris, Jerman, Italia, Belgia, Botswana, Israel, dan Hong Kong. Austria sedang menyelidiki kasus yang dicurigai pada Minggu (28/11). 

Penemuan Omicron yang kini masuk dalam daftar varian yang harus menjadi perhatian oleh WHO telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia. Varian ini dicurigai mampu menembus imunitas orang yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 sehingga dapat memperpanjang pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama hampir dua tahun.

Omicron berpotensi lebih menular daripada varian sebelumnya, meskipun para ahli belum tahu apakah itu akan menyebabkan Covid-19 yang lebih atau kurang parah dibandingkan dengan varian lainnya. 

Pemerintah Inggris menahan penyebaran varian ini dengan membuat aturan pengujian yang lebih ketat terhadap orang yang baru tiba di negara tersebut dan mewajibkan penggunaan masker. Inggirs menemukan dua kasus terkait Omicron yang diidentifikasi pada Sabtu (27/11) terhubung dengan perjalanan ke Afrika selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement