AS Temukan 8 Kasus Miokarditis pada Anak yang Disuntik Vaksin Pfizer

Agustiyanti
17 Desember 2021, 08:48
pfizer, miokarditis, peradangan jantung, vaksin anak Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Soeren Stache/Pool /hp/cf
Ilustrasi. Regulator obat Amerika Serikat (FDA) pada Juni 2021 telah menambahkan peringatan pada keterangan vaksin Covid-19 yang diproduksi Pfizer Inc /BioNTech dan Moderna.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menerima laporan delapan kasus miokarditis, sejenis peradangan jantung, pada anak-anak berusia 5-11 tahun yang menerima vaksin Pfizer (PFE.N) dan BioNTech's Covid-19.

CDC sebelumnya mengatakan bahwa tingkat pelaporan miokarditis untuk anak laki-laki berusia 16 hingga 17 tahun mencapai lebih dari 69 kasus per juta dosis kedua yang diberikan dan sekitar 40 kasus per juta dosis kedua pada anak laki-laki berusia 12-15 tahun.

Advertisement

Miokarditis adalah kondisi terjadinya peradangan atau inflamasi pada otot jantung (miokardium). Otot ini bertanggung jawab pada fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh. Ketika otot ini mengalami peradangan, maka fungsi jantung dalam memompa darah pun akan terganggu. Akibatnya, muncul gejala-gejala berupa nyeri dada, gangguan irama jantung, dan sesak napas.

Badan tersebut tidak mengatakan apakah mereka percaya ada hubungan antara kasus miokarditis dan vaksin atau mengungkapkan tingkat miokarditis pada kelompok usia tanpa vaksin. 

Hingga kemarin, mereka telah memeriksa data lebih dari tujuh juta dosis vaksin pada kelompok usia 5-11 tahun, terdiri dari 5,1 juta dosis pertama dan 2 juta dosis kedua. Adapun CDC mengatakan kasus-kasus tersebut mengalami gejala yang ringan. 

Kasus-kasus tersebut dilaporkan dalam Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Bermanfaat Vaksin AS dan dipresentasikan oleh CDC kepada panel penasihat ahlinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement