Kominfo Luncurkan G20pedia, Kamus Lengkap Seputar G20

Agustiyanti
19 Januari 2022, 18:17
G20, KTT G20, KTT G20 Bali, G20 Bali Summit
Katadata/Ameidyo Daud Nasution
Ilustrasi. Informasi yang disajikan dalam G20pedia terbagi dalam dua tema besar, yakni Sekilas G20 dan Presidensi G20 Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis buku elektronik berisi informasi dan tanya jawab terkait G20. Melalui buku panduan bernama G20pedia ini, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi seputar G20, termasuk pemahaman terkait istilah-istilah teknis dan teknokratis.

Direktur Jendral IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong berharap peluncuran G20pedia dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait parhelatan G20 di bawah presidensi Indonesia pada tahun ini. Ia memastikan, istilah-istilah teknis dan teknokratis dijelaskan dengan bahasa yang lebih membumi dalam buku panduan tersebut. 

“Melalui G20pedia, masyarakat dapat mencari tahu apa yang dimaksud dengan financial tracksherpa trackworking groups, dan istilah-istilah lainnya,” ujar Usman dalam siaran pers, Rabu (19/1).

Dengan pemahaman yang lebih baik, ia berharap masyarakat dapat ikut berperan aktif menyukseskan keberlangsungan pertemuan internasional ini. “Sebagaimana telah disampaikan Presiden Jokowi, G20 diharapkan bukan sekadar event, tetapi turut berdampak positif terhadap pemulihan sosial dan ekonomi nasional bahkan global,”  kata Usman.

Ia menekankan Indonesia merupakan satu-satunya negara berkembang di Asia Tenggara yang masuk dalam kelompok G20. Dengan demikian, Indonesia memiliki kesempatan strategis untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global usai  pandemi Covid-19. 

Adapun informasi yang disajikan dalam G20pedia terbagi dalam dua tema besar, yakni Sekilas G20 dan Presidensi G20 Indonesia. Tema Sekilas G20 membahas informasi seputar anggota, peran, agenda, hingga pentingnya keberadaan G20. Sedangkan tema Presidensi G20, membahas informasi seputar kiprah Indonesia di G20, isu prioritas yang diusung, hingga manfaat yang didapatkan Indonesia selama menjabat sebagai Presidensi G20.

Usman Kansong berharap, buku elektronik G20pedia yang juga tersedia dalam edisi bahasa Inggris ini dapat menjadi salah satu rujukan bagi media massa dan masyarakat dalam mencari informasi tentang seluruh rangkaian kegiatan G20 di bawah Presidensi Indonesia.

“Sifatnya yang merupakan living document atau dokumen hidup, memungkinan perubahan isi buku secara terus-menerus sesuai dinamika pelaksanaan agenda Presidensi G20,” kata dia.

Ia juga mengatakan, informasi di dalam G20pedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan informasi terkini terkait G20.  Media massa dan masyarakat dapat mengakses G20pedia setiap saat melalui tautan ini. https://linktr.ee/g20pedia. Selain G20pedia, pada tautan tersebut juga dapat diakses laman resmi G20 (www.g20.org).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...