Bali Dibuka Lagi untuk Wisatawan Asing, Luhut: Pertimbangannya Matang

Andi M. Arief
4 Februari 2022, 18:45
luhut, bali, wisatawan
Kemenko marvest
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan, wisatawan mancanegara tetap wajib melakukan karantina dan menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah kembali membuka kembali pintu penerbangan internasional dari dan ke Bali mulai hari ini, Jumat (4/2). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan seluruh kebijakan ini telah melalui pertimbangan yang matang.

Keputusan untuk membuka kembali penerbangan internasional dari dan ke Bali diambil pemerintah di tengah lonjakan kasus baru Covid-19. Kasus aktif per Jumat (4/2) mencapai 140.254 kasus.  

Advertisement

"Saya titip kepada semua pihak untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang diatur oleh Satgas Covid-19. Karena ini semua tidak ada artinya kalau kita tidak disiplin,” kata Menteri Koordinator Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resmi, Jumat (4/2). 

Luhut berharap pembukaan pintu internasional ini dapat banyak membantu perekonomian Bali bangkit kembali. Keputusan untuk membuka kembali Bali, menurut dia, telah melalui pertimbangan yang matang, berdasarkan perhitungan data di lapangan dan masukan dari berbagai ahli.

Ia pun memastikan, pemerintah akan terus mengawasi pergerakan kasus konfirmasi secara harian. "Harapan saya masyarakat Bali benar-benar bisa terbantu dengan kebijakan ini, asalkan kita semua bisa disiplin,” kata Luhut. 

Luhut menjelaskan, sebanyak 447 kamar dalam 5 hotel di Nusa Dua, Ubud, Sanur, dan Jimbaran telah ditunjuk sebagai tempat Karantina Bubble. Seluruh jenis karantina juga sudah menyiapkan hotel isolasi dan SOP untuk kasus positif dan kontak erat sebagai antisipasi.

Ia juga memastikan, seluruh protokol kesehatan telah disiapkan dengan matang. Pemerintah juga menurunkan premi asuransi dan memudahkan aplikasi visa untuk wisatawan mancanegara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement