Kunjungan Turis Asing Melonjak pada Mei, Faktor G20 hingga Pelonggaran

Agustiyanti
1 Juli 2022, 11:36
turis asing, kunjungan wisman, kunjungan turis asing, bali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pd.
Ilustrasi. BPS mencatat kunjungan turis asing paling tinggi pada Mei terjadi melalui pintu masuk Bandara Ngurah Rai, Bali.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 212,33 ribu kunjungan pada Mei 2022 , naik tajam hingga 1.382,45% dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Mei 2021.

"Ini menggembirakan. Ini merupakan yang tertinggi sejak periode awal pandemi," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam paparan yang digelar secara hybrid di Jakarta, Jumat (1/7). 

Jumlah kunjungan turis asing pada Mei ini juga mengalami peningkatan sebesar 91,19% dibandingkan bulan sebelumnya (month to month). Margo menjelaskan, kunjungan paling tinggi terjadi melalui pintu masuk Bandara Ngurah Rai, Bali, sebanyak 115.553 kunjungan, disusul melalui Bandara Soekarno-Hatta, Banten sebesar 57.844 kunjungan, serta Batam sebanyak 16.741 kunjungan.

"Kenaikan kunjungan ke Bali utamanya didorong oleh kegiatan G20, e-prix juga penambahan Visa on Arrival untuk kedatangan," ujarnya. 

Ia berharap tren kenaikan wisman ini terus meningkat karena bisa memberikan multiplier (dampak ganda) yang besar terhadap ekonomi. Jika wisman terus bertambah, menurut dia, pemulihan ekonomi di dalam negeri akan berjalan lebih cepat. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...