Sandiaga Kritik Baim Wong & Indigo soal HAKI Citayam Fashion Week

Andi M. Arief
25 Juli 2022, 19:45
CFW, citayam fesyen week, sandiaga uno
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berpendapat, CFW merupakan demokratisasi dalam sub-sektor fesyen.

Langkah Baim Wong dan Indigo Aditya Nugroho mendaftarkan merek Citayam Fashion Week atau CFW menuai kritik dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sandiaga meminta pihak-pihak yang memiliki modal besar tak memanfaatkan CFW sebagai ladang uang bagi diri dan kelompoknya sendiri. 

"Siapa pun yang mendaftarkan CFW sebagai HAKI (hak kekayaan intelektual) harus transaparan. Kalau siapa cepat dia dapat, tentu tidak adil. Yang memiliki kapital besar, justru dia yang memonetisasi untuk menjadikan CFW sebagai ladang uang," ujar Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (25/7). 

Advertisement

Ia mengatakan, pemerintah ingin mendukung CFW untuk memberikan kesempatan dan memberdayakan talenta-talenta muda di subsektor fesyen. Ia berpendapat, CFW merupakan demokratisasi dalam sub-sektor fesyen.

Ajang tersebut, menurut Sandiaga, menunjukkan bahwa fesyen bukan hanya dimiliki perancang busana papan atas, tapi juga oleh generasi milenial dan z. Selain itu, ia melihat CFW dapat menjadi daya tarik sektor pariwisata dan berdampak pada sektor ekonomi lainnya selain fesyen. Ia mencontohkan pendapatan penjual kopi keliling dan makanan kering di kawasan Dukuh Atas yang naik dua kali lipat sejak kawasan tersebut ramai. 

Di sisi lain, menurut Sandiaga, ada dampak negatif dari ajang CFW yang tak tertata dengan baik, yakni kemacetan di kawasan Dukuh Atas. Dampak ini dirasakan sendiri oleh Sandiaga. Menurut Sandiaga, banyak masyarakat yang memarkir kendaraan roda duanya secara sembarangan di sekitar kawasan Dukuh Atas seingga membuat luas jalan menyempit. 

Oleh karena itu, Sandiaga berencana bekerja sama dengan Pmerintah Kota Jakarta Pusat untuk memindahkan CFW ke lokasi yang lebih kondusif. Salah satu usulan yang dilayangkan adalah memindahkan CFW ke dekat stasiun MRT Jakarta di bagian Jakarta Selatan. Pertimbangan usulan tersebut adalah CFW yang dilakukan saat ini berdekatan dengan stasiun Dukuh Atas MRT.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement