Jokowi Kenakan Baju Adat Babel saat Pidato Kenegaraan HUT RI ke-77

Andi M. Arief
16 Agustus 2022, 09:49
jokowi, baju adat, sidang tahunan MPR
Youtube/MPR RI
Presiden Joko Widodo menggunakan baju adat Bangka Belitung saat menghadari Sidang Tahunan MPR pada Kamis (16/8).

Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 pada Kamis (16/8) menggunakan pakaian adat asal Bangka Belitung. Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.  

Jokowi tiba sekitar  pukul 09.00 WIB di Gedung DPR. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi tampak mengenakan busana adat daerah saat berpidato di Gedung Nusantara. Dalam kesempatan kali ini, Presiden Jokowi memilih Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung". Motif tersebut melambangkan kerukunan, sedangkan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Sementara itu, Ibu Iriana mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada dan kain batik berwarna cokelat.

Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 dan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. Pada siang harinya, ia juga akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan MPR dan pembacaan pidato kenegaraan ini juga dihadiri para mantan presiden dan wakil presiden Indonesia. Hadir Presiden RI ke-6 Megawati Seokarno Putri, Wakil Presiden RI ke-6 Tri Sutrisno, Wakil Presiden RI ke-9 Hamza Hazz, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden RI ke-11 Boediono. Lebih dari 90% anggota MPR, DPR, dan DPD RI, para menteri kabinet kerja, para duta besar, dan para pemimpin partai. 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...