Daftar Produk Mie Sedaap yang Ditarik di Singapura dan Hong Kong

Agustiyanti
9 Oktober 2022, 11:25
Mie Sedaap, mi instan, pestisida
Instagram Mie Sedaap
Ilustrasi. Empat produk Mie Sedaap ditarik dari Singapura terkait dengan kandungan pestisida dalam produk.

Badan Pangan Singapura (SFA) mengeluarkan instruksi untuk menarik empat produk mi instan merek Mie Sedaap yang diimpor dari Indonesia. Penarikan dilakukan setelah SFA mendeteksi adanya pestisida pada produk-produk tersebut. 

Melansir Channel News Asia, SFA merilis keputusan penarikan dua produk Mie Sedaap pada Kamis (6/10) dan dua produk lainnya pada Sabtu (8/10). Apa saja keempat produk yang ditarik?

  1. Soto Mie Sedaap dengan tanggal kadaluawarsa 11 Desember 2022
  2. Mie Sedaap Curry dengan tanggal kadaluwarsa 22 Februari 2023
  3. Korean Spicy Soup dengan tanggal kadaluwarsa 17 Maret 2023
  4. Korean Spicy Chicken dengan tanggal kadaluwarsa 21 Mei 2023. 

Sementara itu, Otoritas Keamanan Pangan Hong Kong atau The Center for Food Safety (CFS) sebelumnya juga menarik produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dari perdagangan di negaranya karena alasan yang sama. CFS menemukan kandungan pestisida, etilen oksida, pada sampel mi instan yang diimpor dari Indonesia.

Adapun produk yang ditarik adalah Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dengan tanggal kadaluwarsa pada Mie Sedaap Korean Spicy Chicken pada 19 Mei 2023. 

SFA menjelaskan, etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan. Di bawah Peraturan Makanan Singapura, etilen oksida diizinkan untuk digunakan dalam sterilisasi rempah-rempah. Namun, Batas Maksimum Residu (MRL) etilen oksida dalam rempah-rempah tidak boleh melebihi 50mg/kg.

Pemeriksaan SFA terhadap kandungan etilen oksida atau pestisida pada produk mi instan dilakukan menyusul deteksi  kandungan tersebut dalam produk es krim Haagen-Dazs pada Agustus 2022. SFA pada Kamis (6/10) menyatakan tidak mendeteksi etilen oksida di salah satu produk makanan yang disurvei selain mie instan Mie Sedaap.

BPOM Singapura ini menegaskan bahwa mereka akan melanjutkan pengujian peraturan produk mie instan Mie Sedaap lainnya dan bekerja dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia Sheila Kansil sebelumnya dalam penjelasan terkait kasus di Hong Kong mengatakan Mie Sedaap diproduksi dengan menaati regulasi dari badan terkait untuk memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...