Indonesia Tak Kena Sanksi FIFA, Ada Andil Lobi Erick Thohir

Agustiyanti
9 Oktober 2022, 10:15
Erick thohir, fifa, presiden Fifa, FIFA, gianni ifantino
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Ifantino membahas tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA tak memberikan sanksi berat kepada Indonesia terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Namun, FIFA akan berkantor di Indonesia untuk mengawal transformasi sepakbola di Indonesia. 

Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers pada Jumat (7/10) malam memastikan tak ada sanksi yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Hal ini diungkapkan Jokowi setelah menerima surat resmi dari FIFA. 

Advertisement

Meski demikian, ada segudang pekerjaan rumah yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Pemerintah dan FIFA pun akan membentuk tim khusus untuk merampungkan seluruh PR tersebut. 

FIFA mendorong Indonesia meninjau dan meningkatkan fasilitas keamanan di seluruh stadion, meningkatkan protokol pengamanan oleh aparat terkait dengan manajemen keramaian selama pertandingan, dan mendorong PSSI melibatkan suporter dalam diskusi peningkatan fasilitas keamanan stadion.

Selain itu, FIFA juga meminta agar penjadwalan pertandingan mempertimbangkan sejumlah aspek ,seperti ketersediaan transportasi publik dan waktu kick off  hingga menyarankan pemerintah melakukan perbandingan dan meminta nasihat institusi internasional untuk melakukan reformasi sepak bola. 

Sebelum surat resmi FIFA dikirimkan ke Indonesia, Presiden Joko Widodo telah meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk menemui Presiden FIFA Gianni Ifantino. Keduanya memiliki hubungan baik sejak Erick menjabat sebagai Presiden Inter Milan pada 2015.

"Ketika itu, Gianni menjadi Sekjen UEFA, sehingga kami sering bertemu. Apalagi dia orang Italia dan juga seorang Interisti, jadi dengan posisi saya di Internazionale FC, maka kami cepat akrab," ujar Erick Thohir dalam siaran pers. Sabtu (8/10).

Erick mengatakan juga menerima permintaan Jokowi untuk berkomunikasi dengan FIFA saat sepakbola  Indonesia terkena sanksi FIFA akibat kisruh antara pemerintah, yang diwakili Menpora saat itu, Imam Nahrawi dengan PSSI yang dipimpin La Nyala Matalitti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement