Piala Dunia 2022, Qatar Larang Penjualan Alkohol di Stadion

Agustiyanti
19 November 2022, 11:44
qatar, fifa, alkohol
ANTARA FOTO/REUTERS/Hamad I Mohammed/foc/sad.
Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Perdana Menteri Qatar Sheikh Khalid bin Khalifa bin Abdul Aziz al-Thani memegang kaos selama Kongres FIFA ke-72 di Doha Exhibition & Convention Center, Doha, Qatar, Kamis (31/3/2022).

Pemerintah Qatar melarang penjualan bir di seluruh stadion yang menjadi penyelenggaran pertandingan Piala Dunia pada Jumat (18/11). Larangan ini merupakan perubahan mendadak, tepat dua hari sebelum pertandingan pembukaan dimulai. 

Larangan ini merupakan ketegangan baru dalam penyelenggaraan acara yang bukan hanya terbatas pada turnamen olahraga, tetapi juga pesta selama sebulan ke depan. Ini merupakan pukulan telak  bagi sponsor bir Piala Dunia Budweiser dan menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar kendali FIFA atas turnamennya.

Advertisement

Qatar sempat menyetujui persyaratan FIFA untuk menjual alkohol di stadion  saat menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah piala dunia. Namun, rncian terbaru terkait ketentuan dalam pertanidngan baru dirilis pada September, hanya 11 minggu sebelum kickoff pertama. Ini menunjukkan betapa sulitnya negosiasi tersebut.

FIFA dalam pernyataannya mengatakan, bir non-alkohol masih akan dijual di delapan stadion, sedangkan sampanye, anggur, wiski, dan alkohol lainnya hanya akan disajikan di area perhotelan mewah di arena stadion. 

Sebagian besar pemegang tiket tidak memiliki akses ke area tersebut. Mereka hanya dapat minum bir beralkohol di malam hari pada Festival Penggemar FIFA, area pesta khusus yang juga menawarkan musik dan aktivitas live. Di luar area turnamen, Qatar membatasi pembelian dan konsumsi alkohol meskipun penjualannya telah diizinkan di bar hotel selama bertahun-tahun.

"Menyusul diskusi antara otoritas negara tuan rumah dan FIFA, keputusan telah dibuat untuk memfokuskan penjualan minuman beralkohol di FIFA Fan Festival, tujuan penggemar lainnya dan tempat berlisensi, menghapus titik penjualan bir dari perimeter stadion," kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement