BMKG: Waspada Gempa Susulan di Cianjur Berlanjut Hingga Akhir Bulan

Andi M. Arief
23 November 2022, 20:26
BMKG, gempa, gempa cianjur
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Ilustrasi. BMKG mencatat ada gempa susulan cukup kuat pada siang ini dengan magnitudo mencapai 3,9.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mencatat terjadi tiga gempa susulan sepanjang hari ini. Gempa yang terjadi sekitar siang hari dilaporkan cukup kuat magnitudo 3,9.

Sejak Gempa Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6 pada 21 November 2022 hingga hari ini, Rabu (23/11), pukul 15.00 WIB, total telah terjadi 171 gempa susulan. Guncangan yang cukup kuat pada siang hari ini disebabkan oleh dangkalnya pusat gempa meski skalanya jauh lebih kecil.

"Kenapa terasa kuat? Karena pusat gempanya hanya 5 kilometer di bawah permukaan. Jadi itu sangat dekat dengan posisi kita, apalagi masyarakat tinggal di pusat gempa," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/11).

Dwikorita memperkirakan gempa susulan masih akan ada hingga akhir bulan ini. Namun, menurut dia, tren intensitas gempa akan semakin berkurang ke depan.

Meski demikian, Dwikorita mewaspadai tren dangkalnya pusat gempa pada gempa susulan yang mungkin terjadi seperti hari ini. Menurutnya, hal tersebut cukup berbahaya mengingat kondisi tanah dan cuaca di Cianjur yang mengamplifikasi kerusakan di atas tanah.

Dwikorita mencatat jenis tanah di Cianjur kini cukup renggan sehingga membuat guncangan di dalam tanah terasa cukup kuat. Kerusakan di atas tanah dapat menjadi lebih besar lantaran musim hujan yang membuat saturasi tanah di Kota Santri cukup tinggi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...