Cina Tambah Kapasitas ICU RS usai Longgarkan Pembatasan Covid-19

Agustiyanti
12 Desember 2022, 07:39
cina, covid-19, pelonggaran covid-19
ANTARA FOTOrwa.
Pemerintah Cina pada Minggu (11/12) melaporkan 10.815 kasus baru, termasuk 8.477 tanpa gejala.

Pemerintah Cina meningkatkan kapasitas rumah sakit, termasuk unit perawatan intensif atau ICU seiring keputusan untuk melonggarkan pembatasan Covid-19. Pembatasan selama ini membuat jutaan orang terkurung di rumah mereka, pertumbuhan ekonomi merosot, hingga memicu protes. 

Pemerintah Presiden Xi Jinping secara resmi berkomitmen untuk menghentikan penularan virus, satu-satunya negara besar yang masih berupaya mengendalikan kasus. Namun,  langkah terbaru menunjukkan, Partai Komunis yang berkuasa akan menoleransi lebih banyak kasus tanpa karantina atau menutup perjalanan atau bisnis karena menghentikan strategi nol kasus Covid-19.

Advertisement

Mengutip CNBC, media pemerintah Cina menyebutkan bahwa rapat Kabinet pada Kamis (19/12) telah menyerukan "mobilisasi penuh" rumah sakit, termasuk menambah staf untuk memastikan kesiapan rumah sakit dan meningkatkan pasokan obat. Pejabat diminta untuk melacak kesehatan semua orang di daerah mereka yang berusia 65 tahun ke atas.

Tidak jelas berapa banyak jumlah infeksi yang meningkat sejak Beijing pekan lalu mengakhiri pengujian wajib sesering sekali sehari di banyak daerah. Namun, wawancara dan akun media sosial mengatakan ada wabah di perkantoran dan sekolah di seluruh negeri. Beberapa restoran dan bisnis lainnya tutup karena terlalu banyak karyawan yang sakit.

Situs pengujian virus di lingkungan Runfeng Shuishang Beijing bahkan ditutup karena semua karyawannya terinfeksi.

Jumlah kasus resmi turun, tetapi itu tidak lagi mencakup sebagian besar populasi setelah pengujian wajib berakhir pada Rabu (8/12) di banyak daerah. Itu adalah bagian dari perubahan dramatis yang mengonfirmasi bahwa Beijing mencoba secara bertahap untuk bergabung dengan Amerika Serikat dan pemerintah lain yang mengakhiri perjalanan dan pembatasan lainnya serta mencoba hidup dengan virus.

Pemerintah Cina pada Minggu (11/12) melaporkan 10.815 kasus baru, termasuk 8.477 tanpa gejala. Jumlah kasus tersebut mencakup seperempat dari puncak harian pekan sebelumnya yang mencapai di atas 40.000. Namun, jumlah itu hanya mewakili orang yang dites setelah dirawat di rumah sakit atau untuk pekerjaan di sekolah dan situs berisiko tinggi lainnya.

Mengutip media lokl The Paper, Seorang pejabat komisi kesehatan Provinsi Shaanxi  Yun Chunfu menyebut, pihaknya telah menyisihkan 22.000 tempat tidur rumah sakit untuk Covid-19 dan siap meningkatkan kapasitas perawatan intensifnya hingga 20% dengan mengubah tempat tidur lain. Yun mengatakan kota-kota mempercepat peningkatan kapasitas rumah sakit untuk pasien yang sakit kritis.

“Setiap kota diharuskan menunjuk rumah sakit untuk meningkatkan kekuatan komprehensif  dan tingkat perawatan yang tinggi” untuk kasus Covid-19, kata Yu seperti dikutip pada konferensi pers.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement