Elon Musk Sudah Jual Saham Tesla Rp 357 T Sejak Beli Twitter

Agustiyanti
16 Desember 2022, 08:19
Elon Musk, tesla, twitter, saham tesla
Istimewa
Elon Musk kini tak lagi menjadi orang terkaya di dunia seiring saham Tesla yang telah anjlok 55% pada tahun ini.

Elon Musk kembali menjual sahamnya di Tesla. Ia melepas 22 juta saham dan meraup US $3,6 miliar atau sekitar Rp 56 triliun mengacu kurs JISDOR Rabu (14/12) Rp 15.619 per dolar AS. 

Mengutip CNN, Musk menjual saham tersebut pada Senin, Selasa, dan Rabu pekan ini. Penjualan tersebut diungkapkan dalam pengajuan SEC Rabu malam (14/12) 

Ia tidak mengungkapkan alasan penjualan dalam pengajuan tersebut. Namun, ini adalah penjualan saham Tesla pertamanya sejak awal November ketika dia menjual 19,5 juta saham nyatak lama setelah menutup pembeliannya di Twitter.

Sebelum Musk pertama kali memulai usahanya untuk membeli Twitter, dia jarang menjual saham Tesla. Biasanya penjualannya terkait dengan apa yang dia perlu jual untuk membayar pajak yang harus dia bayar atas pelaksanaan opsi.

Namun sejak pertama kali mengumumkan rencana untuk membeli Twitter pada April, dia telah menjual saham Tesla senilai US$22,9 miliar atau sekitar Rp 357 triliun.

Penjualan saham tersebut, dan besarnya perhatiannya yang terfokus pada Twitter telah membuat khawatir para pemegang saham dan analis Tesla.

“Mimpi buruk Twitter berlanjut saat Musk menggunakan Tesla sebagai mesin ATM miliknya untuk mendanai Twitter sementara semakin banyak pengiklan meninggalkan platform dengan kontroversi yang meningkat oleh Musk,” ujar Dan Ives, analis di Wedbush Securities, seperti dikutip dari CNN, Jumat (16/12)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...