Mobil Listrik Tesla Tak Dapat Keringanan Subsidi, Ini Ketentuannya

Happy Fajrian
15 Desember 2022, 13:38
subsidi mobil listrik, tesla
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pengunjung memotret mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Pemerintah tengah menyiapkan insentif berupa subsidi harga untuk pembelian mobil listrik berbasis baterai dan mobil listrik hybrid. Namun tidak semua mobil listrik akan mendapatkan subsidi, salah satunya yaitu Tesla.

Pasalnya, salah satu ketentuan dari subsidi ini adalah subsidi hanya untuk kendaraan listrik yang telah diproduksi di Indonesia. Sementara penjualan Tesla di Indonesia saat ini dilakukan oleh importir umum Prestige Motors.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa hal ini untuk mempercepat realisasi investasi industri kendaraan listrik di Indonesia. Adapun besaran subsidi yang ditawarkan yaitu Rp 80 juta untuk mobil listrik baterai, dan Rp 40 juta untuk mobil listrik hybrid.

“Dengan ada insentif, kita akan memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya melalui video pernyataan yang dikutip Kamis (15/12).

Saat aat ini ada empat model mobil Tesla yang tersedia di Indonesia, yakni Model S, Model 3, Model X, dan Model Y. Adapun harga mobil Tesla, yang termurah adalah Model 3 yang dapat dibeli dengan kisaran harga Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,7 miliar.

Ada tiga varian Model 3, yakni standard range plus, long range, dan performance, yang dibedakan berdasarkan kapasitas baterai, jarak tempuh, serta kemampuan akselerasi motor listriknya.

Kemudian Tesla Model X dibanderol seharga Rp 3 miliar, lalu Model X di kisaran Rp 2,6 miliar, serta Model Y di kisaran Rp 2 miliar sampai Rp 2,4 miliar. Simak kinerja penjualan mobil listrik Tesla secara global pada databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...