Harga Tiket KRL Orang Kaya dan Miskin akan Dibedakan

Agustiyanti
30 Desember 2022, 09:09
harga tiket KRL, tarif KRL, kaya dan miskin
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Ilustrasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tarif KRL pada umumnya tidak akan naik tahun depan.

Kementerian Perhubungan tengah mewacanakan untuk membedakan harga tiket KRL bagi golongan orang kaya dan miskin. Subsidi terhadap harga tiket KRL rencananya akan dihapus bagi masyarakat mampu. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, pemerintah tak akan menaikkan tarif KRL saat ini. Namun, pihaknya ingin memberlakukan tarif baru bagi kelompok masyarakat mampu. 

"Harga tiket KRL tidak akan naik, insyaAllah hingga 2023 tidak naik. Tapi yang berdasi atau kemampuan finansialnya tinggi mesti membayar dengan tarif yang lain," ujar Budi Karya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Perhubungan pada Selasa (27/12). 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan, penerapan tarif KRL Commuter Line untuk masyarakat golongan ekonomi mampu masih memerlukan uji coba.  "Mungkin perlu diuji coba dulu seperti apa hasilnya, bagaimana kekurangan-kekurangannya,"kata Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wapres, seperti dikutip dari Antara. 

Tarif penumpang KRL masih disubsidi oleh pemerintah. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter mencatat, realisasi subsidi tarif pengguna KRL dalam bentuk Public Service Obligation (PSO) mencapai pada 2021 mencapai Rp 2,14 triliun.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menjelaskan, penumpang dengan kategori mampu akan membayar sesuai dengan harga tiket KRL sesuai keekonomiannya. Ini  artinya, tarif KRL untuk penumpang mampu bisa mencapai Rp 10-15 ribu.

Namun demikian, Kemenhub masih menimbang-nimbang data apa yang akan menjadi dasar pembeda antarpenumpang. Kemenhub belum memutuskan apakah akan menggunakan data Kementerian Dalam Negeri atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait