Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Kolom Capai 1.500 M

Agustiyanti
7 Januari 2023, 09:57
Gunung marapi, erupsi gunung marapi
Dokumentasi PVMBG
Gunung Marapi menyemburkan awan erupsi atau kolom dengan tinggi mencapai 1.500 meter dari puncak pada Sabtu (7/1).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan terjadinya erupsi di Gunung Marapi, Sumatera Barat pada Sabtu (7/1) pukul 06:11 WIB. Tinggi kolom teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak. 

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dan durasi 45 detik," demikian tertulis dalam pengumuman di akun Twitter PVMBG, Sabtu (7/11).

Mengutip Antara, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar saat ini telah menutup sementara jalur pendakian Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar mulai hari ini.

"Kita tutup dulu pendakiannya hingga batas waktu yang belum ditentukan," kata Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, seperti dikutip dari Antara.

Status Gunung Marapi sendiri saat ini berada pada Level II (Waspada). PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah/puncak.

BKSDA sebeliumnya juga melakukan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Marapi untuk Natal dan Tahun Baru. Namun, penutupan dilakukan dengan tujuan menjaga kawasan agar tetap terjaga keutuhannya.

“Merujuk hasil penelitian dengan daya dukungan kawasan yang hanya mampu menampung jumlah kunjungan terbatas dalam suatu masa kunjungan,” kata Ardi Andono.

Keterbatasan itu mencakup lebar jalur, panjang jalur, tempat berkemah, sumber air hingga kelengkapan sarana termasuk akses masuk kawasan. Salah satu alasan mengapa jalur pendakian  ditutup juga karena aktivitas gempa meningkat sejak Desember hingga 2 Januari.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...