Rusia Menang Banyak dari Perang, Transaksi Berjalan Surplus Rp 3.545 T

Agustiyanti
20 Januari 2023, 16:01
Rusia, Vladimir Putin, neraca perdagangan, neraca perdagangan rusia
ANTARA FOTOMaxim Shemetov/hp.
Presiden Rusia Vladimir Putin. Surplus neraca transaksi berjalan Rusia sepanjang tahun lalu melonjak 86% dibandingkan 2021 dan mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah

Rusia meraih keuntungan besar dari perang dengan Ukraina. Neraca transaksi berjalan Rusia sepanjang tahun lalu mencapai US$ 227,4 miliar atau setara Rp 3.545 triliun dengan asumsi kurs JISDOR akhir 2022 Rp 15.592 per dolar AS.

Mengutip Reuters, surplus neraca transaksi berjalan Rusia sepanjang tahun lalu melonjak 86% dibandingkan 2021 dan mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. Lonjakan surplus transaksi berjalan ini didorong oleh anjloknya impor dan melonjaknya ekspor minyak dan gas yang mendorong aliran modal asing tetap masuk meski negara ini tengah diisolasi oleh kelompok negara Barat.

Impor Rusia turun tajam pada tahun lalu di tengah eksodus perusahaan-perusahaan Negara Barat yang menjatuhkan sanksi besar-besaran terhadap Negara Presiden Vladimir Putin tersebut atas invasi ke Ukraina.

Di sisi lain, pemerintahan Putin berhasil mengganti pendapatan yang hilang dari ekspor minyak dan gasnya ke Eropa dengan poros ke Cina, India, dan negara-negara Asia lainnya.

Berdasarkan data Bea Cukai Cina, perdagangan antara negara tersebut dengan Rusia mencapai rekor tertinggi mencapai US$190 miliar tahun lalu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...