Bendungan Benar Ditargetkan Rampung Desember 2024, Progres Baru 26%

Nadya Zahira
5 Juni 2023, 08:43
Menteri PUPR, Bendungan Bener, Bendungan
Instagram/kemepupr
Menteri PUPR meninjau pembangunan Bendungan Bener di Jawa Tengah pada Jumat (2/6).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan pembangunan Bendungan Benar di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah rampung Desember 2024. Meski demikian, progres pembangunan bendungan yang dibangun sejak 2018 ini baru mencapai 26%. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan bendungan ini pada akhir pekan lalu. Ia mengingatkan kepada kontraktor dan konsultan pengawas untuk terus meningkatkan kualitas pekerjaan, mulai dari desain hingga pelaksanaan. 

"Perhatikan aspek kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Tolong di evaluasi desain engineering dan arsitekturnya, sehingga tidak ada desain yang berlebihan atau overdesign," ujar Basuki dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Senin (5 /6).

Dia juga meminta kepada kontraktor untuk melakukan pekerjaan konstruksi pada bendungan tersebut dengan rapi dan sisa material ditata dengan baik. Basuki menuturkan, Bendungan Bener merupakan bendungan multifungsi yang memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektare. 

Bendungan tersebut juga dapat menyuplai air baku untuk keperluan rumah tangga, kota, dan industri sebesar 1.500 liter per detik ke tiga Kabupaten, yakni Purworejo, Kebumen dan Kulon Progo, termasuk Bandara YIA.

Bendungan ini juga mempunyai potensi menyuplai energi listrik sebesar 10 MW dan mereduksi debit banjir dari 584 m3 per detik, menjadi 178 m3 per detik pada debit banjir kala ulang 25 tahun (Q25). Selain itu, bendungan ini juga memiliki fungsi lain seperti perikanan, pariwisata, dan konservasi DAS Bogowonto di bagian hulu.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...