Ukraina Tolak Usulan Prabowo untuk Damai dengan Rusia

Ade Rosman
5 Juni 2023, 10:58
ukraina, rusia, perang rusia ukraina, prabowo, prabowo subianto
Lonelyplanet.com
Kyip, ibu kota Ukraina. Perang yang dilancarkan Rusia di Ukraina sudah berlangsung sejak Februari 2022.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan proposal rencana perdamaian untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina. Namun, proposal tersebut ditolak Ukraina. 

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov beranggapan, apa yang disampaikan Prabowo aneh. Ia bahkan menyebut usulan yang disampaikan Prabowo tersebut lebih terlihat seperti rencana Rusia.

Advertisement

"Kedengarannya seperti rencana Rusia, bukan Indonesia. Kami tidak butuh mediator seperti ini datang kepada kami dengan rencana aneh ini," kata Rezkinov, seperti dikutip dari AFP, Senin (5/6).

Proposal perdamaian tersebut disampaikan Prabowo saat berpidato di Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (3/6) lalu. “Yang pertama harus dilakukan adalah meminta pihak Ukraina dan Rusia untuk menerapkan gencatan senjata,"kata Prabowo dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Senin (5/6).

Prabowo juga mengusulkan agar pasukan dari kedua negara tersebut untuk mundur sejauh 15 kilometer dari titik gencatan senjata sehingga dapat menghadirkan wilayah demiliterisasi.

Ia kemudian meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membentuk dan menempatkan pasukan penjaga di wilayah demiliterisasi tersebut.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement