Bendungan di Zona Perang Jebol, Ukraina Tuduh Rusia

Agustiyanti
7 Juni 2023, 07:36
Bendungan Nova Kakhovka, ukraina, rusia
Screenshoot Google maps
Ilustrasi. Bendungan Nova Kakhovka adalah waduk terbesar di Ukraina dalam hal volume

Bendungan besar dan pembangkit listrik tenaga air di Ukraina selatan yang diduduki Rusia runtuh Selasa pagi, mendorong evakuasi massal dan ketakutan akan kehancuran skala besar. Ukraina menuduh pasukan Moskow melakukan tindakan ekosida atau penghancuran lingkungan secara massal. 

Mengutip CNN, Kepala  administrasi militer wilayah Kherson Ukraina mengatakan, para penduduk di hilir bendungan Nova Kakhovka di Sungai Dnipro di Kherson telah diminta untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk menyelamatkan diri. Sebuah video menunjukkan banjir air yang memancar dari celah besar. di bendungan.

Bendungan Nova Kakhovka yang saat ini berada dalam kondisi kritis adalah waduk terbesar di Ukraina dalam hal volume. Ini adalah air terjun terakhir dari enam bendungan era Soviet di Sungai Dnipro, jalur air utama yang mengalir melalui tenggara Ukraina. Ada banyak kota dan kota di hilir bendungan, termasuk Kherson, sebuah kota berpenduduk sekitar 300.000 orang sebelum Moskow menginvasi tetangganya.

Tidak jelas apa yang menyebabkan bendungan runtuh pada Senin malam atau dini Selasa (6/6). Analisis citra satelit CNN dari Maxar menunjukkan bendungan itu rusak hanya beberapa hari sebelum mengalami keruntuhan struktural.

Gambar satelit menunjukkan jembatan jalan yang melintasi bendungan masih utuh pada Minggu (28/5). Namun, citra pada Senin (5/6) menunjukkan bagian dari jembatan yang sama hilang. Analisis citra satelit beresolusi rendah menunjukkan hilangnya bagian jembatan terjadi antara 1- 2 Juni.

CNN tidak dapat memverifikasi secara independen apakah kerusakan jembatan jalan berperan dalam runtuhnya bendungan, atau apakah itu dihancurkan dalam serangan yang disengaja oleh salah satu pihak yang bertikai.

Pejabat Ukraina dan Rusia mengatakan bendungan itu runtuh akibat ledakan dan saling menyalahkan. Insiden itu terjadi saat Ukraina bersiap untuk serangan balasan telah yang diantisipasi  Rusia secara luas.

Intelijen militer Ukraina mengatakan sebuah ledakan terjadi pada pukul 02:50 waktu setempat pada hari Selasa (19:50 ET Senin). Ia menyebut Rusia melakukan ledakan internal pada struktur pembangkit listrik tenaga air Kakhovka."

Sementara itu, walikota Nova Kakhovka yang dilantik Rusia, Vladimir Leontiev pada awalnya membantah bendungan itu runtuh dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah Rusia RIA Novosti, bahkan menyebutnya "omong kosong". Namun, dia akhirnya mengkonfirmasi bahwa terjadi kehancuran pada bagian-bagian bendungan dalam apa yang dia sebut sebagai "tindakan teroris yang serius" tetapi mengatakan tidak perlu dievakuasi."

Mohammad Heidarzadeh, dosen senior di Departemen Arsitektur dan Teknik Sipil di University of Bath di Inggris, mengatakan waduk Kakhovka merupakan salah satu bendungan terbesar di dunia dalam hal kapasitas.

“Jelas bahwa kegagalan bendungan ini pasti akan memiliki konsekuensi negatif ekologis dan lingkungan jangka panjang yang luas tidak hanya untuk Ukraina tetapi juga untuk negara dan wilayah tetangga,” kata Heidarzadeh kepada Science Media Center pada hari Selasa, menambahkan bahwa bendungan Kakhovka adalah “ embankment” dam, artinya terbuat dari kerikil dan batu dengan inti tanah liat di tengahnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...