KPK Sita Mobil Mewah Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

Agustiyanti
8 Juni 2023, 11:31
andhi pramono, kekayaan andhi pramono, mobil mewan andhi pramono
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). Andhi Pramono diperiksa untuk mengklarifikasi harta kekayaannya yang mencapai Rp13,7 miliar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga mobil mewah milik mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar Sulawesi Selatan Andhi Pramono. Penyitaan aset milik tersangka dugaan penerimaan gratifikasi ini dilakukan usai KPK melakukan penggeledahan rumah dan ruko diduga milik Andhi.

Adapun tim penyidik menemukan sejumlah bukti elektronik dari hasil penggeledahan di  rumah mewah milik Andhi Pramono. Sedangkan dari penggeledahan di ruko diduga milik Andi, KPK Menemukan tiga unit mobil mewah. 

"Di tempat terpisah menemukan tiga mobil merek Hummer, Toyota Roadster, dan Mini Morris," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/6). 

Seluruh barang bukti yang ditemukan dalam penggeledahan tersebut selanjutnya disita sebagian dari proses penyidikan kasus dugaan penerimaan gratifikasi terhadap yang bersangkutan.

Ali menyebut ruko tersebut adalah sebuah ruko tertutup dan diduga memang digunakan untuk menyembunyikan tiga mobil mewah tersebut.

"Diduga ada kesengajaan disembunyikan," kata Ali.

KPK pada 15 Mei 2023 telah mengumumkan dimulainya penyidikan dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi oleh salah satu pejabat di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian keuangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...