Menpan RB: 16.990 ASN dan 5.716 TNI/Polri Pindah ke IKN Tahun Depan

Agustiyanti
11 Juni 2023, 08:20
IKN Nusantara, IKN, pindah ibu kota
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Pengunjung mengunjungi lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/5/2023). Lokasi titik nol IKN Nusantara itu setiap harinya ramai oleh pengunjung dari berbagai instansi serta organisasi dan kelompok masyarakat yang melakukan kunjungan dan melaksanakan kegiatan di kawasan tersebut.

Pemerintah akan memulai pemindahan ibu kota negara atau IKN dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut, sebanyak 11.274 PNS dari 40 kementerian dan lembaga, serta 5.716 personel TNI/Polri akan pindah ke IKN Nusantara pada tahun depan. 

"Progres pembangunan berjalan baik. Tentunya ini diharapkan dapat menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota serta kepindahan ASN, TNI, Polri tahap awal pada 2024 nanti," kata Anas seperti dikutip dari Antara, Minggu (11/6).

Azwar Anas mengunjungi lokasi pembangunan IKN dan memastikan progres pembangunannya. Ia menjelaskan sedang menyiapkan berbagai fasilitas pendukung seperti sekolah dan rumah sakit yang mumpuni. Selain itu, akan dibangun  sarana olahraga, lahan hijau, apartemen, hingga danau di ibu kota baru tersebut.

Ia juga memastikan pihaknya akan terus mendorong dan membantu menyiapkan pengintegrasian layanan publik di ibu kota baru melalui mal pelayanan publik agar layanann kepada masyarakat lebih  mudah, cepat, dan efisien.

"Kami berharap secepatnya MPP dapat hadir, khususnya MPP Digital di IKN," ujar Anas.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...