Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Gratis Lagi Pekan Depan, Ini Tarifnya

Agustiyanti
13 Oktober 2023, 08:30
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), kereta cepat
Humas Kemenhub
Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan djual secara komersial pada pekan depan.

Kebijakan tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung akan berakhir pada pekan ini. Pemerintah kemungkinan akan membanderol harga tiket kereta cepatWhoosh ini mulai Rp 250 ribu untuk rute terjauh. 

Hingga kini belum ada pengumuman resmi terkait harga tiket. Situs penjualan tiket kereta cepat yang dikelola PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC juga belum menjual tiket dengan harga komersial. Pada situs penjualan tersebut, hanya terpampang harga tiket berdasarkan kelasnya untuk pembelian hari ini hingga 16 Oktober. Namun, harga yang terpampang masih Rp 1 dan seluruh penjualan tiket tak tersedia atau sudah habis.

Namun demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan operasional penuh kereta cepat Whoosh pada awal bulan ini mengatakan, besaran tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berada di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per penumpang. Adapun Layanan kereta cepat Jakarta Bandung akan terbagi menjadi tiga kelas berdasarkan harganya, sebagai berikut:

  • Kelas VIP atau First Class

Dalam satu rangkaian kereta cepat, hanya terdapatan satu gerbong kelas tiket first class yang terdiri dari 18 kursi. Gerbong ini memiliki pengaturan tempat duduk 1-2. Selain itu, terdapat fasilitas wifi, pengisian daya listrik, bagasi penyimpanan barang, dan tambahan fasilitas untuk mengistirahatkan kaki atau footrest. Harga tiket first class diperkirakan Rp350.000 per penumpang.

  • Kelas Bisnis

Kelas layanan ini juga hanya akan tersedia satu gerbong dalam satu rangkaian kereta. Layanan kelas bisnis terdiri dari 28 kursi dan memiliki pengaturan tempat duduk 2-2. Harga tiket KCJB kategori kelas bisnis diperkirakan Rp300.000 per penumpang. 

  • Kelas Ekonomi Premium

Kursi kelas layanan ini yang paling banyak tersedia, mencapai 555 kursi dalam satu rangkaian gerbong. Gerbong kereta ini memiliki pengaturan tempat duduk 3-2. Harga tiket diperkirakan Rp 250 ribu per penumpang.

 

Kereta Cepat Jakarta Bandung beroperasi secara penuh sejak Senin (2/10). Jokowi mengatakan peluncuran KCJB menandai modernisasi transportasi massal yang efisen, ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Dia mengatakan KCJB merupakan moda kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kereta api cepat yang diberi nama Whoosh yang merupakan akronim dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat. "Kereta Cepat Jakarta Bandung, Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...