Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring, Internet Sumatera - Papua

Palapa Ring merupakan proyek jaringan serat optik nasional yang digadang-gadang dapat menghubungkan internet di seluruh Indonesia.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
14 Oktober 2019, 11:30
Jokowi, Palapa Ring
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10). Palapa Ring merupakan proyek jaringan serat optik nasional yang digadang-gadang dapat menghubungkan internet di seluruh Indonesia.

Jaringan yang dibangun membentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Adapun, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

“Saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (14/10).

Jokowi mengatakan, paket Palapa Ring Barat sebenarnya sudah selesai pada 2018 lalu. Paket Palapa Ring Tengah selesai awal tahun ini.

(Baca: Huawei Proyeksi Adopsi Jaringan 5G di Indonesia Paling Lambat 2022)

Sementara, paket Palapa Ring Timur baru bisa diselesaikan pada Agustus 2019 lalu. Hal tersebut lantaran medan di Indonesia timur yang cukup berat.

“Sehingga kalau mundur-mundur sedikit, semuanya maklum. Tapi yang jelas sekarang kami sudah selesaikan,” kata Jokowi.

Kepala Negara berharap beroperasinya Palapa Ring dapat memperkuat persatuan Indonesia. Proyek ini juga diharapkan dapat memperbaiki pendidikan sampai ke wilayah-wilayah pelosok Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi menilai Palapa Ring dapat memperkuat perdagangan baik nasional, hingga internasional. Ia lantas meminta aparat pemerintah memanfaatkan operasi “tol langit” ini agar birokrasi menjadi efektif dan efisien.

(Baca: Dana Infrastruktur Rp 419 T pada 2020, Pemerintah Agresif Bangun Jalan)

“Bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan konektivitas ini dengan baik. Gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Dalam peresmian Palapa Ring ini, Jokowi juga mengadakan video konferensi dengan pejabat pemerintah daerah dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara, dan Sabang. Selain Jokowi, acara ini turut dihadiri Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mataliti.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. Hadir pula Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan lainnya.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi pembangunan jaringan internet dengan nama Palapa Ring mencapai 12.148 km yang terbagi dalam tiga wilayah seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait