5 Kebiasaan Konsumen Grab saat Pesan Makanan selama Ramadan 2020

Grab mencatatkan lima kebiasaan konsumen saat memesan makanan selama Ramadan tahun ini, mulai dari menu favorit hingga penggunaan fitur baru.
Image title
21 Mei 2020, 06:00
grab, konsumen, pandemi corona, ramadan
grab
Ilustrasi. Grab mencatat menu olahan ayam mengalami penjualan paling tinggi selama Ramadan.

Perusahaan layanan on-demand Grab melakukan riset pada konsumennya terkait perilaku konsumsi makanan selama Ramadan saat pandemi Covid-19. Grab mencatatkan lima  kebiasaan konsumen saat memesan makanan, mulai dari menu favorit hingga penggunaan fitur baru.

Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia Hadi Surya Koe mengatakan, saat ramadhan pihaknya berupaya memberikan layanan dan fitur-fitur yang dibutuhkan pengguna. "Momen Ramadan terutama saat sahur dan berbuka menjadi landasan kami dalam merancang berbagai program di GrabFood," kata dia dalam siaran pers pada Rabu (20/5).

Ada berbagai fakta kebiasaan yang tercatat oleh perusahaan. Pertama, permintaan yang tinggi pada menu ayam. Grab mencatat selama Ramadan, terdapat lebih dari 4,2 juta menu olahan ayam yang terjual.

Hal yang sama juga sebenarnya terjadi pada tahun lalu. Menu berbahan ayam menjadi favorit konsumen, baik untuk buka maupun sahur.

Advertisement

(Baca: Strategi Gojek dan Grab Antisipasi Skenario Terburuk Pandemi Corona)

Pada tahun lalu, menu ayam penyet menjadi favorit. Sedangkan tahun ini, aneka olahan ayam goreng seperti egg chicken roll dan ayam goreng crispy yang paling banyak menjadi incaran konsumen.

Kedua, terjadi perubahan tren menu buka puasa dari pisang goreng ke udang rambutan. Jika pada 2019 lalu, pisang goreng hangat menjadi menu favorit pemesanan jelang berbuka, tahun ini pengguna beralih pada menu udang rambutan dan mie pedas.

Ketiga, penggunaan fitur baru pesanan terjadwal. Fitur ini digunakan 70% pengguna Grab untuk buka maupun sahur. Melalui fitur tersebut, konsumen dimungkinkan mengatur jadwal pemesanan makanan sejak dua jam sebelum berbuka puasa atau sahur. Makanan bahkan dapat dipesan sejak dua hari sebelumnya.

(Baca: Halodoc dan Good Doctor Buat Protokol Cegah Salah Diagnosa)

Keempat, pengguna dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu pesanan ada di Bali. Pengguna memesan 27 porsi aneka makanan, diantaranya spaghetti carbonara, steak sapi, nasi goreng, gilled chicken, dan lainnya.

Kelima, penggunaan GrabKitchen. Menu yang paling diminati pengguna di layanan GrabKitchen yaitu bento, oriental, serta menu makanan sehat seperti salad dan wrap. Pengguna juga banyak memesan minuman es kopi dan aneka kreasi teh seperti cheese tea dan bubble tea.

GrabKitchen menggunakan sistem cloud kitchen yang menyatukan berbagai pedagang makanan dan minuman dalam sebuah tempat mirip dapur. Para pedagang ini khusus memenuhi permintaan pesan antar.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait