Apple Merajai Deretan Ponsel Terlaris Tahun Lalu

Dari 10 model ponsel paling laris di dunia, ada tujuh produk ponsel pintar atau smartphone dari Apple yang berjejer dengan Samsung dan Xiaomi.
Image title
10 Maret 2022, 10:44
iPhone, apple, ponsel, smartphone
Apple
iPhone 12 menjadi ponsel paling laris versi Counterpoint dan menyumbang 2,9% terhadap total penjualan ponsel secara global.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Apple berhasil merajai deretan ponsel terlaris pada 2021. Dari 10 model paling laris di dunia, ada tujuh produk ponsel pintar atau smartphone dari Apple yang berjejer dengan Samsung dan Xiaomi.

Berdasarkan data dari Counterpoint, ada lebih dari 4.200 model smartphone aktif di pasar global pada 2021. Adapun 10 model smartphone terlaris berkontribusi 19% terhadap total penjualan unit smartphone global pada 2021, meningkat dibandingkan 16% pada 2020. 

Apple merajai 10 deretan ponsel paling laris itu dengan memasukan tujuh model ponselnya. Lima model iPhone bahkan menduduki lima produk teratas, yakni iPhone 12, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 12 Pro dan iPhone 11. Kemudian model iPhone lainnya, yakni iPhone SE 2020 dan iPhone 13 Pro Max secara berurutan ada di posisi ke delapan dan sembilan. 

Produk ponsel paling laris versi Counterpoint adalah iPhone 12 yang menyumbang 2,9% terhadap total penjualan ponsel secara global. Counterpoint mencatat, permintaan yang tertunda untuk peningkatan kemampuan internet generasi kelima atau 5G oleh basis pengguna iOS yang kuat menjadi faktor iPhone 12 laris tahun lalu.

Advertisement

“Selain itu, penundaan peluncuran seri iPhone 12 menggeser beberapa permintaan musim liburan ke bulan-bulan awal 2021," kata Counterpoint dikutip dari Indian Express, pada Rabu (9/3).

Sedangkan, model iPhone 13 yang meluncur tahun lalu menjadi ponsel paling laris ketiga dengan kontribusi penjualan global 2,1%. "Model iPhone 13 terbaru ini berkinerja baik dan menjadi model terlaris pada kuartal IV 2021,” kata Counterpoint.

Penjualan iPhone 13 juga laris di pasar Cina. Saat Apple meluncurkan iPhone 13 pada September 2021, ada lebih dari dua juta pemesanan atau pre-order oleh konsumen di Cina melalui toko resmi hingga e-commerce seperti JD.com dan Tmall.

Seiring moncernya iPhone 13, Apple menyumbang 22% dari pengiriman smartphone di seluruh dunia pada akhir tahun lalu.

Sementara itu, data dari Counterpoint menunjukkan bahwa Samsung hanya mampu menempatkan Galaxy A12 dalam deretan 10 besar produk ponsel paling laris pada tahun lalu. Galaxy A12 juga hanya menempati posisi keenam dengan kontribusi penjualan mencapai 2%. 

Meski begitu, menurut Counterpoint, hampir semua wilayah dan negara menunjukkan permintaan yang kuat untuk Galaxy A12 sepanjang tahun lalu. Permintaan paling tinggi datang dari Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa Barat.

“Pilihan fitur Samsung untuk A12, seperti pengaturan kamera yang bagus, ukuran baterai yang besar, enam konfigurasi memori, dan dukungan perangkat lunak yang lebih lama, menjadikan model ini sebagai produk bernilai baik," kata Counterpoint.

Sedangkan dua produk Xiaomi, Redmi 9A dan Redmi 9 masuk dalam jajaran 10 besar ponsel terlaris pada 2021. Redmi 9A bercokol di posisi ke tujuh, sedangkan Redmi 9 posisi ke 10. 

Menurut Counterpoint produk Xiaomi itu berkinerja baik di seluruh wilayah. Cina, India dan Asia-Pasifik adalah pasar utamanya.  

Counterpoint mencatat, 10 model teratas itu menunjukkan tren permintaan model dari konsumen yang berfokus pada model terkemuka. Ini mendorong merek memperkaya portofolio mereka.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait