Konsumen Makin Yakin Kondisi Ekonomi pada Mei Berkat Guyuran THR

Agatha Olivia Victoria
9 Juni 2021, 12:30
konsumen, keyakinan konsumen, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Ilustrasi. IKK naik pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran responden, terutama yang berpengeluaran Rp 3,1-4 juta per bulan

Survei Konsumen Bank Indonesia Mei 2021 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi kembali menguat. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2021 sebesar 104,4, meningkat dibandingkan 101,5 pada bulan sebelumnya, antara lain didorong oleh pembayaran THR.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, IKK mengalami kenaikan pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran responden, terutama yang berpengeluaran Rp 3,1-4 juta per bulan. Dari sisi usia responden, kenaikan IKK terjadi pada mayoritas kelompok usia terutama responden usia 41-50 tahun.

Advertisement

Sementara ditinjau secara spasial, keyakinan konsumen pada Mei 2021 tercatat meningkat di enam kota yang menjadi cakupan pelaksanaan survei. "Kenaikan tertinggi terjadi di Kota Medan, diikuti Surabaya, dan Manado," ujar Erwin dalam keterangan resminya, Rabu (9/6).

Perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik dari bulan sebelumnya meski masih berada pada zona pesimistis. Hal ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Mei 2021 sebesar 86,8, meningkat dari 80,3 pada bulan sebelumnya.

Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 9,4 poin menjadi 77,4. Secara spasial, IKE terpantau menguat di tujuh kota dengan kenaikan tertinggi terjadi di Medan, diikuti Surabaya, dan Manado.

Adapun persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini pada Mei 2021 terpantau membaik pada seluruh kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan tingkat pendidikan pascasarjana. Sementara di sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada responden berusia di bawah 60 tahun.

Persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan juga terpantau membaik. Ini sejalan dengan adanya tambahan penghasilan berupa Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja dan adanya peningkatan omset responden pelaku usaha pada periode Ramadan dan Idul Fitri. Indeks Penghasilan Saat Ini pada Mei 2021 mengalami peningkatan pada mayoritas kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-2 juta per bulan.

Sejalan dengan hal tersebut, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga membaik dibandingkan bulan sebelumnya terutama untuk jenis barang elektronik dan perabot rumah tangga. Kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran, yaitu responden dengan pengeluaran Rp 1-4 juta per bulan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement