BI akan Luncurkan Uang Kertas Baru Hari Ini, Apa Saja?

BI akan meluncurkan uang kertas baru pada hari ini. Uang rupiah kertas emisi tahun 2022 diterbitkan untuk pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.
Agustiyanti
18 Agustus 2022, 06:26
bank indonesia, uang baru, uang pecahan baru, uang kertas baru, uang rupiah kertas tahun emisi 2022
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Bank Indonesia akan meluncurkan uang rupiah tahun emisi 2022 pada hari ini.

Bank Indonesia akan meluncurkan uang rupiah kertas emisi tahun 2022 pada hari ini. Uang kertas baru diterbitkan untuk pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu. 

Berdasarkan undangan yang diterima Katadata.co.id, peluncuran uang rupiah kertas emisi tahun 2022 akan dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB. Acara ini akan dihadiri Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

"Sebagai wujud optimisme agar Indonesia bangkit lebih kuat, Bank Indonesia bersama pemerintah mempersembahkan uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022 yang semakin berkualitas dan terpercaya," demikian tertulis dalam undangan peluncuran uang kertas rupiah baru.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Ketetapan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 yang diteken pada 6 Juli. Berikut keputusannya: 

Advertisement
  1. Gambar pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 100 ribu. 
  2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 50 ribu.
  3. Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi  sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 20 ribu.
  4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo  sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 10 ribu. 
  5. Gambar pahlawan nasional D.r. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 5.000.
  6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama  bagian depan pada rupiah pecahan Rp 2.000. 
  7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar utama pada bagian depan pada rupiah pecahan Rp 1.000. 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait