Uang Mahar Kaesang Dicari dari Brankas BI, Apa Masyarakat Bisa Pesan?

BI membantah telah mencetak khusus uang untuk kebutuhan mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Iriana Gudono, tetapi memperolehnya dari penyimpanan atau khazanah.
Abdul Azis Said
16 Desember 2022, 14:12
kaesang, uang mahar pernikahan kaesang, pernikahan kaesang-erina, bank indonesia
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (kanan) saat menjalani proses ijab kabul dengan Wali Nikah dari Erina Gudono, Allen Adam Gudono (kedua kiri) disaksikan dua orang saksi Mensesneg Pratikno (kiri atas) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan atas) saat Akad Nikah di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Bank Indonesia membantah telah mencetak uang secara khusus untuk kebutuhan mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Menurut BI, tiga lembar uang dengan nomor seri unik tersebut dikeluarkan dari tempat penyimpanan atau khazanah. 

 "Bukan pesen khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stock yang ada bisa kami carikan," ujar  Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Jumat (16/12).

Putera sulung Presiden Joko Widodo meminang Erina Gudono dengan mas kawin berupa seperangkat alat shalat, empat keping logam mulia terdiri dari 10 gram, 12 gram, 20 gram dan 22 gram, serta uang tunai Rp 300 ribu. Mas kawin berupa uang tunai ini menjadi kontroversi karena diketahui memiliki nomor seri unik yang memiliki makna khusus. 

Pecahan pertama dengan nomor seri KSE101222, berupa singakatan nama Kaesang dan Erina serta tanggal pernikahan keduanya. Dua pecahan lainnya dengan nomor seri ESG111296 dan KSP251294 yang merupakan singkatan nama dan tanggal lahir keduanya. Keunikan nomor seri ini kemudian menjadi kontroversi di masyarakat karena memicu rumor bahwa BI mencetak khusus uang mahar tersebut. 

Meski tak melakukan pencetakan baru, menurut Erwin, BI memang secara khusus mengeluarkan seri uang tersebut dari tempat penyimpanan atau khazanah untuk uang mahar pernikahan Kaesang. Ini, menurut dia, juga demi promosi rupiah desain baru.

Ia menjelaskan, setiap uang kertas yang dicetak BI memiliki nomor seri khusus sehingga tidak ada nomor seri ganda. Nomor seri khusus itu menerapkan pola kombinasi berurutan alias aritmetik mengikuti urutan huruf dan angka.

Uang yang sudah dicetak kemudian disimpan di khazanah atau tempat penyimpanan uang kertas dan logam milik Bank Indonesia. Rupiah yang ada di khazanah kemudian bisa secara khusus dikeluarkan pada momentum tertentu. Oleh karena itu, uang seri khusus pada pernikahan Kaesang-Erina sebetulnya uang yang sudah dicetak dan tersimpan di khazanah.

 "Bukan pesen khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stock yang ada bisa kita carikan," kata dia 

Meski demikian, Erwin menjelaskan, dikeluarkannya uang seri khusus dari khazanah BI ini tak dapat dilakukan sembarangan. Bank sentral akan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian publik. Saat pernikahan Kaesang kemarin, BI menilai pengeluaran nomor seri khusus itu dari khazanah dapat sekaligus jadi sarana promosi rupah desain baru yang dikeluarkan 17 Agustus lalu. 

 

 

 

 

Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait