HSBC: Transaksi Kartu Kredit Nasabah Tajir di Luar Negeri Melonjak

Agustiyanti
9 Maret 2023, 21:29
HSBC, kartu kredit
Katadata/Agustiyanti
Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia Lanny Hendra (dua dari kiri) menjelaskan tren peningkatan nasabah tajir dalam Peluncuran Wajah Baru HSBC Premier dan HSBC-ANA Travel 2023 di Jakarta pada Rabu (8/3).

HSBC Indonesia mencatat, transaksi penggunaan kartu kredit nasabah tajir di luar negeri melonjak sepanjang tahun lalu. Hal ini juga diiringi dengan lonjakan transaksi untuk pembelian tiket penerbangan. 

Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia Lanny Hendra menjelaskan, nasabah affluent saat ini sangat gemar bepergian ke luar negeri, terutama setelah perbatasan negara dibuka kembali pasca pandemi. Hal ini terlihat dari penggunaan kartu kredit HSBC Premier di luar negeri meningkat sebesar 260%, sedangkan pembelanjaan tiket penerbangan naik 242% sepanjang tahun lalu.

"Nasabah Premier kami semakin sering bepergian ke luar negeri baik untuk berlibur maupun kebutuhan bepergian lainnya. Oleh karena itu, fokus kami yang pertama di tahun 2023 ini adalah meningkatkan kenyamanan, keamanan, serta layanan," ujarnya dalam Peluncuran Wajah Baru HSBC Premier dan HSBC-ANA Travel 2023 pada Rabu (8/3). 

Menurut Lanny, jumlah nasabah tajir di Indonesia terus meningkat meski ekonomi sempat dihantam pandemi. Hal ini berdasarkan  hasil riset dari Global Data “Indonesia Wealth Management: Market Sizing and Opportunities to 2026” yang menunjukkan bahwa pasar nasabah makmur atau affluent tetap tumbuh 11,6%, dengan segmen high net worth (HNW) atau orang super tajir, meningkat 8,5% dan segmen kaya (mass affluent) naik 11,8% pada periode pandemi. 

Selain itu Riset Global HSBC menunjukkan bahwa nasabah bersedia memprioritaskan perjalanan dan liburan serta memotong pengeluaran diskresioner lainnya untuk memastikan mereka dapat bepergian dengan operator tur yang mendapat manfaat dari perlindungan perjalanan.

Oleh karena itu, menurut dia, HSBC melakukan peningkatan layanan dengan memberikan asuransi perjalanan gratis, dan proteksi pembatalan tiket dan bantuan medis untuk menjamin perlindungan optimal selama nasabah di luar negeri dengan kisaran hingga Rp 10,5 miliar. Selain itu,  terdapat penambahan fitur pada kartu kredit HSBC Premier Mastercard.  Beberapa fitur terbaru meliputi, pemberian poin reward sebesar 5x untuk semua transaksi kartu kredit Premier Mastercard di dalam dan luar negeri, nilai tukar mata uang asing yang kompetitif, dan fasilitas cicilan 0% selama tiga bulan untuk semua transaksi.

HSBC Indonesia juga kembali memperkuat kemitraan dengan ANA yang merupajan airlines nomor satu di Jepang untuk memberikan penawaran yang kompetitif. Adapun perusahaan akan mengadakan HSBC-ANA Travel Fair 2023 yang berlangsung pada 9 - 12 Maret 2023 di Laguna Atrium, Central Park Mall. Dalam acara tersebut, nasabah Premier HSBC akan mendapatkan harga diskon khusus rute Jepang dan Amerika Serikat dan Kanada, serta tambahan cash back hingga Rp 4 juta.

Advertisement

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait