Gempa 5.0 SR di Sukabumi, Guncangan Sempat Terasa hingga Jakarta

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 18:50
gempa bumi, jakarta gempa, bencana alam
Antara
Gempa 5.0 SR terjadi di Kabupate Sukabumi, Jawa Barat pada 10 Maret 2020 (Foto: Antara)

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (3/10) pukul 17.18 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut pusat gempa terletak pada koordinat 6.81 LS dan 106.66 BT  atau 23 kilometer arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 

Gempa terjadi di darat pada kedalaman 10 kilometer. Meski tak berpotensi tsunami, guncangan gempa sempat terasa hingga Bogor dan Jakarta.

(Baca: Gempa 6.3 SR di Jayapura, Belum Ada Laporan Kerusakan)

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, gempa tersebut terasa kuat di Kabupaten Sukabumi sekitar 5 detik.

"TRC BPBD Kabupaten Sukabumi saat ini masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa," kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Selasa (3/10).

(Baca: Ancaman Erupsi Gunung Api di Indonesia)

Agus mengatakan, gempa terasa sedang di Kota Sukabumi sekitar 4-5 detik dan Kota Bogor sekitar 4-6 detik. Dia juga mengatakan guncangan sempat terjadi 20 detik di Graha BNPB Jakarta Timur. "Seluruh peserta rapat koordinasi Penanganan Pandemi Covid-19 diimbau tenang oleh Kepala BNPB," kata Agus.

Agus mengatakan, masyarakat tidak panik terkait adanya gempa tersebut. Adapun, BNPB tengah mengumpulkan informasi terkait dampak gempa tersebut hingga saat ini. "Belum ada informasi terkait dampak gempa," kata Agus.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa terjadi akibat adanya aktivitas sesar lokal. "Gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9," kata Rahmat.

Reporter: Dimas Jarot Bayu, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...