Putri Tanjung Jadi Staf Jokowi, CT Merapat Pemerintah ?

Ameidyo Daud Nasution
23 November 2019, 11:00
jokowi, staf khusus jokowi, chairul tanjung, putri tanjung, CT Corp, trans, milenial, staf khusus milenial
Instagram/@putri_tanjung
Putri Tanjung dan ayahnya, Chairul Tanjung. Presiden Jokowi mengumumkan nama Putri Tanjung sebagai salah satu staf khususnya, Kamis (21/11). Foto: Instagram @Putri_Tanjung

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menunjuk Putri Tanjung sebagai staf khususnya pada hari Kamis (22/11) kemarin. Perempuan kelahiran 22 September 1996 itu merupakan anak sulung dari konglomerat Chairul Tanjung.

Chairul dikenal sebagai pemilik CT Corp yang membawahi sejumlah media massa seperti Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, hingga Detik.com. Selain itu lini bisnis lainnya meliputi Bank Mega, Trans Ritel (Carrefour), Trans Studio, hingga Trans F&B (Wendy’s, Baskin Robbins, dan The Coffee Bean an Tea Leaf).

Tak hanya wirausaha, Chairul sempat duduk di pemerintahan sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) periode 2010-2013 dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2014. Ia juga kerap disebut dekat dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

(Baca Infografik: 5 Orang Super Tajir Indonesia)

Ketika tampuk kepemimpinan negeri berganti, pengusaha yang akrab dipanggil CT ini juga lengser dari posisinya. Namun, ia kerap hadir di Istana menemui Jokowi. Beberapa di antaranya membahas perekonomian hingga kebijakan pemerintah.

Tak hanya itu, relasi juga terbangun antara Chairul dengan PDI Perjuangan. Tahun lalu, meski tak bisa hadir, namun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengirimkan makanan ke rumah Chairul untuk berbuka puasa. Dokter gigi lulusan Universitas Indonesia itu juga sempat dikabarkan akan menjadi calon wakil presiden sebelum Jokowi memutuskan Ma’ruf Amin sebagai pendampingnya.

Namun koalisi pemerintah juga enggan menganggap pilihan Jokowi atas Putri adalah pertanda merapatnya Chairu ke pemerintahan. “Karena Putri Tanjungnya sendiri punya prestasi,” Wakil Sekjen Golkar kata Ace Hasan Syadzily kepada Katadata.co.id. Jumat, (22/11).

(Baca: Putri Tanjung Bergabung, Dua Anak Konglomerat Masuk Lingkaran Jokowi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...