Dampak Covid-19: Elektabilitas Anies-Khofifah Turun, Ganjar-RK Naik

Image title
7 Juni 2020, 19:32
anies, survei politik, covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Survei Indikator Politik Indonesia menyebut elektabilitas Anies Mei 2020 turun jadi 10,4%.

Lembaga survei yakni Indikator Politik Indonesia hari Minggu (7/6) merilis hasil sigi persepsi publik penanganan Covid-19 dan implikasi politiknya terhadap calon Presiden RI 2024. Mereka menyebut elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Mei 2020 tergelincir 1,7% dari bulan Februari 2020.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih acak dengan metode simple random sampling serta dilakukan pada 16-18 Mei 2020.

Advertisement

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa tokoh politik mengalami penurunan elektabilitas. Namun ada juga yang menunjukkan tren positif lantaran kebijakan yang diambil membuahkan hasil positif.

"Anies Baswedan di saat sebelum ada pandemi elektabilitasnya 12,1% di bulan Februari menurun menjadi 10,4% di bulan Mei setelah dihantam pandemi," kata dia dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu (7/6).

(Baca: Kasus Corona RI Meningkat 672, Tambahan Terbanyak Berasal dari Jakarta)

Senasib dengan Anies, elektabilitas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa juga menurun dari 5,7% di bulan Februari menjadi 4,3% di bulan Mei. Namun Burhan mengatakan kondisi berbeda dialami Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement