Dokter Sebut Virus Corona Bisa Menempel di Ponsel Selama Lima Hari

Ameidyo Daud Nasution
17 Juni 2020, 13:59
virus corona, virus, handphone
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). Dokter Edward Faisal mengatakan virus corona bisa bertahan selama lima hari di ponsel.

Penggunaan telepon seluler (ponsel) ternyata bisa menjadi risiko sendiri dalam penularan virus corona. Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Junior Doctor Network yakni Edward Faisal mengatakan Covid-19 yang menempel di telepon genggam bisa bertahan sampai lima hari.

Ini lantaran ponsel terbuat dari bahan yang rentan dihinggapi virus seperti plastik dan metal. Oleh sebab itu Edward memperingatkan masyarakat agar berhati-hati menggunakan telepon genggam terutama ketika sedang berada di kendaraan umum seperti kereta.

Advertisement

Edward mengatakan risiko semakin bertambah jika pengguna ponsel berbicara lewat telepon genggamnya.  “Jadi kalau sayang sama orang sekitar kita. Sebaiknya jangan keluarkan handphone,” kata Edward saat diskusi pengguna kereta yang diselenggarakan BNPB, Jakarta, Rabu (17/6).

(Baca: Berapa Lama Corona Bertahan di Tembaga, Besi, Plastik, dan Aerosol?)

Edward juga meminta pengguna kereta agar tidak mengobrol selama di perjalanan demi mencegah penularan. Selain itu jaga jarak minimal satu meter perlu dilakukan demi mencegah terkena droplet pembawa virus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement