Kasus Corona Melonjak, Australia Kembali Lockdown Kota Melbourne

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2020, 14:35
melbourne, virus corona, australia
ANTARA FOTO/REUTERS/AAP Image/Daniel Pockett /WSJ/cf
Pemeriksaa virus korona (COVID-19) di Melbourne, Victoria, Australia, Kamis (2/7/2020). Otoritas setempat mengumumkan lockdown Melbourne mulai Rabu (8/7).

Pemerintah Australia akan kembali melakukan karantina wilayah (lockdown) terhadap Kota Melbourne selama enam pekan mulai Rabu (8/7) pukul 00.00 waktu setempat. Langkah ini diambil setelah kasus virus corona Covid-19 di Ibu Kota Negara Bagian Victoria itu meningkat.

Dalam restriksi pergerakan ini masyarakat tak dibolehkan keluar dari rumah kecuali hal penting seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, alasan medis, bekerja, hingga belajar. Beberapa bisnis jasa akan kembali pada layanan bawa pulang, dan pertemuan publik dibatasi hanya dua orang saja.

Pemerintah Australia mengumumkan 191 kasus baru corona pada hari Selasa (7/7). Dari angka tersebut 13 berhubungan dengan kasus di Melbourne Utara dan 12 terkait klaster kampus Al-Taqwa di Melbourne Barat. Total saat ini ada 97 pasien positif corona di kota tersebut.

“Ini adalah jumlah kasus baru yang sangat tinggi,” kata Menteri Utama Negara Bagian Victoria Daniel Andrews dikutip dari Sydney Morning Herald, Selasa (7/7).

(Baca: Pandemi Corona, Australia Tutup Perbatasan Victoria-New South Wales)

Andrews mengatakan dengan tingkat penularan tinggi seperti ini maka pihaknya kesulitan untuk melakukan penelusuran kontak kasus positif. Oleh sebab itu langkah drastis perlu diambil demi pencegah penyebaran Covid-19 tak terkendali. “Kami harus realistis, ini belum berakhir,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...