Pemerintah Setop Pengumuman Lisan, Data Corona Bisa Diakses di Website

Dimas Jarot Bayu
24 Juli 2020, 12:59
virus corona, covid-19, satgas covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Wiku mengatakan pemerintah tidak menutupi data kasus baru corona.

Pemerintah tidak lagi mengumumkan secara lisan perkembangan kasus virus corona setiap hari. Meski begitu, pemerintah tetap akan menyampaikan data terbaru pandemi ini kepada publik.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, mereka tetap berupaya transparan dalam penanganan kasus corona saat ini. Pengumuman kasus corona tetap disampaikan kepada publik seperti biasa.

Namun, angka hasil penanganan akan disampaikan melalui laman www.covid19.go.id/peta-sebaran. “Tidak ada maksud untuk menutup-nutupi data,” kata Wiku dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/7).

Data kasus corona yang ada di laman tersebut bakal dimutakhirkan setiap pukul 16.00 WIB setiap harinya. Pembaruan data ini juga bergantung kepada pengiriman data dari Kementerian Kesehatan yang bertugas melakukan verifikasi.

“Di situ kami menyampaikan perkembangan kasus yang bisa diakses oleh masyarakat dan media tentang keadaan terkininya,” kata Wiku.

Pemerintah juga tengah berupaya agar data kasus corona yang didapatkan bisa diakses secara real time. Namun Wiku mengatakan bahwa hal ini masih membutuhkan waktu yang lama lantaran kendala pengumpulan informasi dari daerah.

Selain itu ada pula kendala proses verifikasi data dari Kementerian Kesehatan membutuhkan waktu lebih lama. “Karena kami harus mampu untuk membuat sistem pendekatan data terintegrasi yang bisa diterima oleh berbagai pihak termasuk Kemenkes,” kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...