Rusia Targetkan Vaksinasi Massal Virus Corona Dimulai Oktober 2020

Negeri Beruang Merah menyatakan telah merampungkan uji klinis vaksin. Vaksinasi akan diutamakan bagi tenaga medis serta guru.
Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2020, 17:55
rusia, vaksin corona, virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Vaksinasi di Rumah Vaksin Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). Rusia akan memulai vaksinasi massal virus corona pada Oktober mendatang.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Rusia menargetkan vaksinasi massal virus corona dapat dimulai pada Oktober mendatang. Mereka menyatakan telah melakukan uji klinis dan sedang menyiapkan pendaftaran antivirus tersebut.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan pengujian vaksin telah dilakukan di fasilitas bernama Gamaleya Institute. Nantinya vaksinasi akan diutamakan bagi tenaga medis serta guru terlebih dulu.

"Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas untuk Oktober," kata Murashko dilansir dari Reuters, Sabtu (1/8).

 

Seorang sumber Reuters mengatakan bahwa kandidat vaksin pertama Negeri Beruang Merah akan mendapatkan persetujuan otoritas berwenang. Adapun vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute berbasis adenovirus.

Langkah Rusia ini sempat jadi pertanyaan beberapa media apakah Moskow menempatkan prestise nasional di atas keselamatan warga. Meski demikian Pemerintah negara tersebut mengatakan penemuan seperti ini bukanlah pertama kalinya terjadi.

Kepala Russian Direct Investment Fund Kirill Dmitriev mengatakan keberhasilan ini bisa disamakan ketika negara yang dahulu bernama Uni Soviet itu meluncurkan satelit pertama di dunia yakni Sputnik 1 tahun 1957 silam.

Rusia merupakan negara dengan kasus positif Covid-19 terbesar keempat di dunia. Dari laman Worldometers, hingga Sabtu (1/8) pukul 17.20 WIB, jumlah angka positif corona di negara tersebut mencapai 845.443 orang.

Mereka berada di bawah India yang melaporkan 1.701.532 kasus dan di atas Afrika Selatan dengan 493.183 pasien positif. Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 di Rusia mencapai 14.058 orang atau peringkat 11 dunia.

 

Reporter: Ameidyo Daud Nasution

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait