Lembaga Inggris: Cina Bantu Kapal Rusia Bawa Senjata dari Korut

Yuliawati
Oleh Yuliawati
25 April 2024, 16:31
Asap mengepul ke udara dari kebakaran yang menurut keterangan Kementerian Pertahanan Ukraina adalah kapal Rusia, ditengah serbuah Rusia terhadap Ukraina yang terus berlanjut, di pelabuhan Berdiansk, Ukraina, Kamis (24/3/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Kirillovka.ks.ua/Handout /HP/dj
Asap mengepul ke udara dari kebakaran yang menurut keterangan Kementerian Pertahanan Ukraina adalah kapal Rusia, ditengah serbuah Rusia terhadap Ukraina yang terus berlanjut, di pelabuhan Berdiansk, Ukraina, Kamis (24/3/2022).
Button AI Summarize

Pemerintah Cina dituduh membantu proses transfer senjata Korea Utara ke Rusia sejak tahun lalu. Sebuah citra satelit menggambarkan bagaimana kapal kargo Rusia Angara berlabuh di Galangan Kapal Zhoushan Xinya di Zhejiang, setelah perjalanannya dari Korea Utara.

Berdasarkan laporan Reuters, lembaga think tank Royal United Services Institute (RUSI) Inggris mengatakan kapal Rusia Angara membawa ribuan kontainer yang diduga berisi amunisi Korea Utara sejak Agustus 2023. Padahal, Rusia sedang terkena embargo dari Amerika akibat penyerangannya ke Ukraina.

Gambaran citra satelit dari RUSI itu berasal dari beberapa perusahaan termasuk perusahaan pencitraan bumi yang berbasis di San Francisco, Planet Labs PBC.

Kapal tersebut diidentifikasi melalui transponder sistem identifikasi otomatis (AIS) ketika menavigasi Selat Korea yang sibuk dalam perjalanan menuju Cina. Sejak Agustus 2023, RUSI mencatat setidaknya 11 kali perjalanan kapal Angara ke pelabuhan Korea Utara di Rajin dan kembali ke Rusia.

RUSI mengatakan sebelum tiba di Tiongkok pada 9 Februari, Angara berlabuh pada Januari di pelabuhan Korea Utara dan Rusia dengan transponder yang tidak aktif. Kapal ini kembali berhenti melakukan transmisi tak lama setelah tiba di Cina.

Di situs webnya, Angara menyebut mereka sebagai perusahaan perbaikan kapal swasta terbesar di Tiongkok. Klien perusahaan berasal dari seluruh Asia, Eropa, dan AS dan memiliki "kerja sama strategis" dengan perusahaan pelayaran global, termasuk Maersk dan Evergreen Marine Corp Taiwan, serta kemitraan dengan perusahaan teknologi Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...