Tiga Kota Terbesar Catat Laju Kematian Pasien Corona Tertinggi

Rizky Alika
17 September 2020, 20:01
virus corona, jakarta, covid-19
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas beristirahat disekitar pusara TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Senin (7/9/2020).

Pemerintah menyoroti meningkatnya kematian pasien SARS-CoV-2 di beberapa daerah hingga saat ini. Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, ada tiga kota dengan laju kematian tertinggi di Indonesia hingga 13 September lalu.

Ketiganya adalah Kota Surabaya, Semarang, dan Jakarta Pusat. Laju kematian di Kota Pahlawan mencapai 35,96 per 100 ribu penduduk. Sedangkan laju kematian pasien di Semarang mencapai 31,7i dari 100 ribu orang.

Sedangkan angka pasien meninggal di Jakpus melaju jadi 29,78 per 100 ribu penduduk. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berpesan kepada kepala daerah agar menekan kasus pasien meninggal di wilayahnya.

“Agar betul-betul menurunkan kumulatif dan laju kematian,” kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual dari Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/9).

Sedangkan berdasarkan angka kumulatif, jumlah kematian tertinggi dalam sepekan terjadi di Jawa Timur, yaitu 218 orang. Namun, peningkatan persentase kematian tertinggi dalam tujuh hari terjadi di Sumatera Barat yaitu 150%.

Secara total, kasus kematian nasional akibat Covid-19 mengalami kenaikan 25% dalam sepekan. Tiga provinsi dengan laju angka pasien meninggal berada di Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur.

Adapun, kematian tertinggi terjadi pada kelompok usia di atas 45 tahun yaitu 80% dari total kematian nasional. Berikutnya adalah kelompok usia produktif usia 19-45 tahun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...